Yustika, Ika (2022) Upaya Orang Tua dalam Melatih Kemandirian Toilet Training bagi Anak Berusia 4-5 Tahun di Komplek RSS Pemda Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_171260016_Cover.pdf Download (60kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_171260016_Lampiran Depan.pdf Download (627kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_171260016_BAB I.pdf Download (179kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_171260016_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (402kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260016_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (274kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260016_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (220kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_171260016_BAB V.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_171260016_Daftar Pustaka.pdf Download (168kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha orang tua dalam melatih kemandirian toilet training bagi anak usia 4-5 tahun seperti memberikan contoh dan pembiasaan, memberikan nasehat, memberikan kasih sayang, dan bertanggung jawab. Dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat orang tua dalam melatih kemandirian toilet training. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan alat pengumpulan data yaitu survey, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian ialah anak berusia 4-5 tahun dan orang tua. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan toilet training sangat dibutuhkan oleh orang tua untuk melatih kemandirian pada anak berusia 4-5 tahun di Komplek RSS Pemda RT 05 RW 13 ini dalam pembiasaan, bimbingan dan pengarahan orang tua kepadan anaknya. Hal ini dapat dilihat dari 6 aspek perkembangan anak usia dini di antaranya yaitu : nilai agama dan moral, kognitif, fisik motorik, bahasa, sosial emosional, dan seni), tetapi dari 6 aspek perkembangan anak usia dini ini yang termasuk kedalam aspek kemandirian ialah aspek kognitif karena anak belajar memecahkan masalah sederhana terutama dalam kehidupaan sehari-hari dan aspek sosial-emosial karena anak mempunya rasa kesadaran diri terutama pada toilet training dan tanggung jawab dalam segala hal yang telah dilakukannya seperti menyimpan celana kotor pada tempatnya. kemandirian anak pada toilet training yang dilakukan secara terus menurus dan diulang-ulang secara bertahap maka akan berdampak positif untuk anak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Orangtua, Melatih Kemandirian, Anak Usia Dini, Toilet Training |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Nov 2022 02:27 |
Perubahan Terakhir: | 15 Nov 2022 02:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10233 |
Actions (login required)
Lihat Item |