Pengembangan Media Flip Chart Huruf Hijaiyah untuk Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di RA Darul Ma’arif Desa Kalanganyar Lebak Banten

Yuningsih, Ajeng (2022) Pengembangan Media Flip Chart Huruf Hijaiyah untuk Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di RA Darul Ma’arif Desa Kalanganyar Lebak Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260015_COVER.pdf

Download (83kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_181260015_BAGIAN DEPAN,.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (810kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260015_BAB I.pdf

Download (437kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_181260015_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (757kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260015_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (378kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260015_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (585kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260015_BAB V.pdf

Download (161kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260015_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya anak dalam mengenal huruf hijaiyah dan kurangnya media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengembangan media Flip Chart untuk mengenalkan makharijul huruf di RA Darul Ma’arif Desa Kalnganyar Kab. Lebak?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media Flip Chart Huruf Hijaiyah untuk mengenalkan Makharijul Huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D, yang merujuk pada prosedure triagarajan (1974) model 4-D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu: 1). Define, 2). Design, 3). Develop, dan 4). Disseminate.Sampel atau sumber data penelitian yang digunakan adalah anak RA Darul Ma’arif yang berjumlah 17 orang.Teknik pengumpulan data dari instrumen yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan kuesioner atau angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, tahap pertama uji validasi ahli media mendapatkan skor 86,00% dengan kategori realibitas “Baik” sedangkan uji validitas ahli materi tahap pertama mendapat skor 71,00% dengan kategori realibitas “Baik” namun kedua nya masih perlu tahap revisi. Pada tahap kedua uji validitas ahli media mendapatkan skor 97,00% dan ahli materi mendapat skor 97,00% dengan kategori realibitas “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Flip Chart Huruf Hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah sertta makharijul huruf pada anak usia dini di RA Darul Ma’arif. Berdasarkan hasil uji coba pre-test sebelum anak menggunakan media flip chart pada tabel 4.11 diketahui bahwa hasil media Flip Chart Hijaiyah masih Belum “Layak” dengan nilai 46,8%. Kemudian setelah menggunakan media flip chart dapat dilihat bahwa diperoleh data hasil post-test diketahui bahwa media Flip Chart mendapat skor presentase 63,30% dengan nilai “Cukup Layak” untuk digunakan dalam pembelajaran pengenalan Huruf Hijaiyah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Flip Chart Hijaiyah, Mengenal Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 02:34
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 02:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10226

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.