Peran Posyandu untuk Keluarga dalam Memantau Kesehatan Tumbuh Kembang Anak di Lingkungan Muncung Kelurahan Sumur Pecung Serang - Banten

Fadillah, Intan Ayu (2022) Peran Posyandu untuk Keluarga dalam Memantau Kesehatan Tumbuh Kembang Anak di Lingkungan Muncung Kelurahan Sumur Pecung Serang - Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260066_Cover.pdf

Download (385kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260066_Lampiran Depan.pdf

Download (635kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260066_BAB I.pdf

Download (121kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260066_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (376kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260066_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (180kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260066_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (705kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260066_BAB V.pdf

Download (34kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260066_Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemantauan kesehatan tumbuh kembang anak di lingkungan Muncung yang belum optimal. Hal ini disebabkan karna program posyandu di lingkungan Muncung sasaran utamanya lebih tertuju pada pertumbuhannya saja. Sedangkan perkembangan anak juga perlu diperhatikan. Pertumbuhan maupun perkembangan keduanya saling mempengaruhi dalam proses tumbuh kembang anak. Jika salah satu faktor tersebut terganggu maka akan mempengaruhi faktor lainnya. Selain itu, deteksi dini gangguan/hambatan pada tumbuh kembang anak dan pengetahuan tentang cara memberikan stimulus untuk perkembangan anak juga belum diberikan di Posyandu. Sehingga, ada beberapa anak di Lingkungan Muncung yang pertumbuhannya bagus, namun perkembangan kurang.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan program tambahan posyandu untuk keluarga dalam memantau kesehatan tumbuh kembang anak. Karna posyandu dalam melaksanakan tugasnya tidak dapat terlepas dari keluarga anak itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif dan dilaksanakan dalam beberapa kali kunjungan pada setiap kegiatan bulanan posyandu. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari diadakannya program tambahan posyandu guna mengetahui dan mendeteksi kemampuan atau gangguan tumbuh kembang anak dapat dilakukan dengan baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan program tambahan tersebut dapat membantu keluarga mengetahui dengan jelas sampai mana tumbuh kembang anaknya, dan ada atau tidaknya masalah/gangguan tumbuh kembang pada anak. Sehingga dapat dilakukan stimulus.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Posyandu, Keluarga, Kesehatan Tumbuh Kembang Anak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2022 01:57
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2022 01:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10217

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.