Pelaksanaan Menghafal AlQuran dengan Metode Talaqqi, Tafahhum, Tikrar, dan Murojaah (3T+M) untuk Meningkatkan Minat Menghafal AlQuran Siswa di MTs Al-Muhibbin Cadasari Pandeglang

NurAzizah, NurAzizah (2022) Pelaksanaan Menghafal AlQuran dengan Metode Talaqqi, Tafahhum, Tikrar, dan Murojaah (3T+M) untuk Meningkatkan Minat Menghafal AlQuran Siswa di MTs Al-Muhibbin Cadasari Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210079_Cover.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210079_Lampiran Depan.pdf

Download (778kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210079_BAB I.pdf

Download (271kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210079_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (611kB)
[img] Teks
S_PAI_171210079_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (312kB)
[img] Teks
S_PAI_171210079_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210079_BAB V.pdf

Download (201kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210079_Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang merasa kesulitan untuk menemukan metode menghafal Alquran yang mudah dan cepat serta kurangnya minat siswa dalam menghafal Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan menghafal Alquran dengan metode Talaqqi, Tafahhum, Tikrar, dan Muroja‟ah (3T+M) di MTs Al-Muhibbin Cadasari Pandeglang dan mengetahui efektivitas metode Talaqqi, Tafahhum, Tikrar, dan Muroja‟ah (3T+M) terhadap peningkatan minat menghafal Alquran siswa di MTs Al-Muhibbin Cadasari Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Participatory Acion Research (PAR) dengan tahapan dimulai dari persiapan sosial, identifikasi data, fakta sosial dan analisis sosial, serta kajian masalah dan kebutuhan. Adapun pendekatan dalam penelitian ini yaitu menekankan pada pendekatan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpuan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan menghafal Alquran dengan metode Talaqqi, Tafahhum, Tikrar, dan Muroja‟ah (3T+M) di MTs Al-Muhibbin Cadasari Pandeglang dapat mengembangkan minat menghafal Alquran siswa serta pelaksanaaannya dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan yang dibuktikan dengan terlaksananya kegiatan Talaqqi, Tafahhum, Tikrar, dan Muroja‟ah (3T+M).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Menghafal Alquran, Metode 3T+M, Minat
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 02:53
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.