Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia di MI Ihsaniyah Pringwulung Bandung Pamarayan Kabupaten Serang

Wahyudi, Deden (2022) Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia di MI Ihsaniyah Pringwulung Bandung Pamarayan Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250063_Cover.pdf

Download (139kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250063_Lampiran Depan.pdf

Download (677kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250063_Bab I.pdf

Download (450kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_181250063_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (509kB)
[img] Teks
S_MPI_181250063_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (207kB)
[img] Teks
S_MPI_181250063_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (244kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250063_Bab V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250063_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia, mulai dari perencanaan, pelaksnaan, dan evaluasi, serta strategi kepala madrasah. Penelitian ini dilakukan di MI Ihsaniyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Informan penelitian adalah kepala madrasah, wakabid kurikulum, dan guru. Instrumen penelitian peneliti, yaitu: pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Langkah untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil analisis data yang telah temukan dari penelitian ini antara lain: perencanaan program mutu sumber daya manusia dilakukan dengan upaya peningkatan yang dilakukan tenaga pendidik dengan menganalisis masalah yang terjadi pada tenaga pendidik dan kependidikan meningkatan tenaga pendidik, menentukan kebutuhan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dengan mengikuti pelatihan atau diklat agar berdampak tenaga pendidik yang dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia. Pelaksanaan mutu sumber daya manusia di MI Ihsaniyah dengan menggunakan In House Training yang dikemas dengan materi dan di praktekkan. Kemudian, memberi reward kepada tenaga pendidik dan kependidikan yang berprestasi agar lebih efektif dan efesien. Evaluasi yang dilakukan kepala madrasah dengan melakukan penilaian yang dilaksanakan dua kali pada saat pelatihan dan setelah selesai pelatihan, untuk kesadaran diri pada tenaga pendidik yang professional, dalam mutu sumber daya manusia. Strategi yang digunakan kepala madrasah untuk meminimalisir hambatan dengan meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan mempertahankan para guru dengan kegiatan MGMP dan pelatihan atau diklat seperti workshop, seminar dan sebagainya. Untuk mewujudkan mutu SDM dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terjadi dalam sumber daya manusia untuk mewujudkan kualitas mutu yang unggul.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Strategi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2022 07:18
Perubahan Terakhir: 08 Nov 2022 07:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10179

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.