Pola Komunikasi Gerakan Tarbiyah Iqtishadiyah (Studi Deskriptif Organisasi Ekstra Kampus KAMMI Wilayah Banten)

Doanajati, Adzania (2022) Pola Komunikasi Gerakan Tarbiyah Iqtishadiyah (Studi Deskriptif Organisasi Ekstra Kampus KAMMI Wilayah Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330050_Cover.pdf

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330050_Lampiran Depan.pdf

Download (442kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330050_Bab I.pdf

Download (503kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_171330050_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (410kB)
[img] Teks
S_KPI_171330050_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img] Teks
S_KPI_171330050_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (477kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330050_Bab V.pdf

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330050_Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Komunikasi adalah suatu hubungan yang melibatkan proses ketika informasi dan pesan dapat tersalurkan dari satu pihak dan pihak lain. Dalam berkomunikasi dalam suatu organisasi mempunyai proses atau pun pola komunikasi yang menjadikan komunikasi antar individu dapat dipahami. Penelitian ini dilakukan pada tarbiyah iqtishadiyah bidang ekonomi KAMMI wilayah Banten dengan anggapan dan pertimbangan bahwa KAMMI wilayah Banten merupakan organisasi yang memiliki bidang ekonomi yang berpatokan pada tarbiyah iqtishadiyah. Akan tetapi pengembangan pores komunikasi iqtishadiyah ini diduga masih belum optimal dikarnakan komunikasi bidang ekonomi dalam pelaksanaan program-programnya kurangnya kerjasama. Dengan itu pola komunikasi tarbiyah iqtishadiyah ini dapat mendukung berjalannya program kerja bidang ekonomi KAMMI wilayah Banten. Perumusan masalah dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu : 1). Bagaimana pola komunikasi pada organisasi KAMMI wilayah Banten? 2). Bagaimana Pola komunikasi gerakan tarbiyah iqtishadiyah dalam KAMMI wilayah Banten? 3). Bagaimana dampak iqtishadiyah terhadap pencapaian KAMMI wilayah Banten? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi pada organisasi KAMMI wilayah Banten. 2). Untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi gerakan tarbiyah iqtishadiyaih dalam KAMMI wilayah Banten. 3). Untuk mengetahui bagaimana dampak iqtishadiyah terhadap pencapaian KAMMI wilayah Banten. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi pada organisasi KAMMI wilayah Banten yaitu pola komunikasi vertikal, pola komunikasi horizontal, pola komunikasi diagonal. Selanjutnya pola komunikasi gerakan tarbiyah iqtishadiyah KAMMI wilayah Banten yaitu pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah (two way trafic comunication), pola komunikasi multi arah. Dengan itu dampak iqtishadiyah terhadap pencapaian KAMMI wilayah Banten yaitu membantu pemasukan keuangan KAMMI Banten, membentuk kader KAMMI Banten yang mempunyai jiwa enterpreneurship, sebagai identitas KAMMI, sebagai langkah kemandirian ekonomi kader KAMMI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2022 07:22
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 03:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.