Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal Banten Berbasis Peninggalan Sejarah di Kelas 4 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (R&D di Kelas IV SDN Sumur Wuluh)

Hasanah, Uswatun (2022) Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal Banten Berbasis Peninggalan Sejarah di Kelas 4 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (R&D di Kelas IV SDN Sumur Wuluh). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240113_Cover.pdf

Download (45kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240113_Lampiran Depan.pdf

Download (754kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240113_Bab I.pdf

Download (336kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240113_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (292kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240113_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (564kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240113_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240113_Bab V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240113_Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) tipe 4D menurut Tiangarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas IV SD/MI khususnya di Provinsi Banten belum adanya pembelajaran yang mengangkat tentang sejarah lokal yakni sejarah Banten di kelas IV SD/MI. salah satunya dikarenakan guru belum memahami tentang sejarah Banten dan belum memahami cara membuat bahan ajar tentang sejarah Banten itu sendiri. Sehingga peserta didik kurang pengetahuan tentang sejarah Banten. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, validasi, angket, dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan sampel 17 siswa kelas IV SDN Sumur Wuluh. Penguji validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/tampilan, aspek pemanfaatan dan aspek bahasa dan materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang bebreda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rekapitulasi secara keseluruhan dari tiga aspek berdasarkan ketiga validator memperoleh nilai skor 4,30 sesuai kriteria kelayakan produk, rerata skor aspek keseluruhan ini dinyatakan valid. Maka hal ini menunjukkan bahan ajar sejarah Banten sudah layak digunakan. Selanjutkan hasil respon siswa terhadap bahan ajar sejarah Banten menunjukkan skor 82% termasuk respon “sangat baik”.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bahan ajar, Sejarah Banten, Berbasis Peninggalan Sejarah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2022 01:06
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2022 01:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.