Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Lokal Banten pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Aini, Siti (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Lokal Banten pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240073_COVER.pdf

Download (132kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240073_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240073_BAB I.pdf

Download (386kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240073_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (511kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240073_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (503kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240073_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (855kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240073_BAB V.pdf

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240073_Daftar Pustaka.pdf

Download (36kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran tematik berbasis budaya lokal Banten pada siswa kelas IV sekolah dasar tema daerah tempat tinggalku subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Yang dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang masih bersifat sangat umum dan cenderung membahas daerah di luar tempat tinggal siswa sehingga siswa merasa kesulitan memahami materi, dan belum menyisipkan budaya lokal daerah Banten pada materi pelajaran. Materi yang digunakan dalam modul adalah kebudayaan daerah yang ada di Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) model ADDIE dari Dick dan Carry yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sekolah dasar yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik dan wali kelas IV. Hasil validasi diperoleh dari ahli media dengan persentase 93,3% dan hasil validasi diperoleh dari ahli materi 90%. Hasil implementasi penggunaan modul mendapatkan penilaian positif dari guru dan siswa dan menyatakan bahwa modul layak digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul Pembelajaran Tematik, Budaya Lokal, Banten
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 03:56
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 03:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10141

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.