Hidayah, Anisatul (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi IPA Tingkat Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240141_Cover.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240141_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (522kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240141_Bab I.pdf Download (190kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240141_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (288kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240141_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (321kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240141_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (959kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240141_Bab V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240141_Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar berbentuk buku pendamping berbasis pendekatan pemecahan masalah yang layak dan efektif untuk digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran IPA materi bentuk dan sumber energi. Pendekatan pemecahan masalah merupakan konsep pembelajaran yang menyajikan permasalahan yang harus diselesaikan oleh siswa berdasarkan pemahaman kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini merupakan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: 1) Tahap Analisis (Analyze); 2) Tahap Perancangan (Design); 3) Tahap Pengembangan (Development); 4) Tahap Implementasi (Implementation); dan 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria “Sangat Baik” dengan memperoleh skor sebesar 100% dari ahli materi, 86% dari ahli desain, 98% dari respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar yang dikembangkan. Adapun hasil uji coba bahan ajar terkait pemahaman materi dilakukan pada siswa kelas IV dengan menggunakan teknik nonprobability sampling (purposive sampling) yaitu sebanyak 3 anak dengan ketentuan hasil belajar siswa tertinggi, rata-rata, dan terendah memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 46,25 dan nilai rata-rata postest sebesar 90.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bahan Ajar, Pendekatan Pemecahan Masalah, Pemahaman, ADDIE |
Subjek: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam dan Mathemetics > 507 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Nov 2022 04:03 |
Perubahan Terakhir: | 15 Nov 2022 04:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10137 |
Actions (login required)
Lihat Item |