Pengembangan Modul Pengenalan Batik Banten pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) untuk Siswa Kelas V SD/MI

Melawati, Meti (2022) Pengembangan Modul Pengenalan Batik Banten pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) untuk Siswa Kelas V SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240125_Cover.pdf

Download (132kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240125_Lampiran Depan.pdf

Download (641kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240125_Bab I.pdf

Download (174kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240125_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (625kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240125_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240125_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240125_Bab V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240125_Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul pengenalan batik Banten dan untuk mengetahui kelayakan modul pengenalan Batik Banten di SD Negeri Walantaka 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu define (pendefininisian), design ( perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpul data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dengan sampel siswa 10 siswa kelas V SD Negeri Walantaka 1. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/keterampilan, aspek pemanfaataan serta aspek bahasa dan materi yang melibatkan beberapa validator. Hasil penelitian terhadap kelayakan produk menunjukan bahwa dosen ahli materi memberikan nilai skor 90% (sangat layak), dosen ahli media 85% (sangat layak), guru 95% (sangat layak), maka hal ini menunjukan produk sudah layak digunakan. Selanjutnya hasil respon siswa terhadap modul pengenalan batik Banten menunjukan skor 98% termasuk kategori “Sangat baik”.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul, Batik Banten, SBdP
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 03:04
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 03:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10132

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.