Zahrawani, Zahrawani (2022) Pengembangan Media Komik Berbasis HOTS pada Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar (R&D di Kelas VI SDN Banjar Sari 3 Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240026_Cover.pdf Download (41kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240026_Lampiran Depan.pdf Download (849kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240026_Bab I.pdf Download (251kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240026_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (268kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240026_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
Teks
S_PGMI_171240026_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (7MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240026_Bab V.pdf Download (39kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240026_Daftar Pustaka.pdf Download (183kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa media komik berbasis HOTS pada pembelajaran PPKn di kelas VI SDN Banjar Sari 3 yang dapat menarik perhatian peserta didik, memudahkan peserta didik dalam memahami materi, menumbuhkan semangat belajar, menumbuhkan aktifitas belajar dan dapat memicu kemampuan berpikir peserta didik pada tingkatan HOTS dalam kegiatan pembelajaran PPKn. penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4-D yang mempunyai 4 tahapan, yaitu (1) Define bertujuan untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan awal dalam mengembangkan media. (2) Design merupakan tahap mendesain produk (3) Development merupakan pengujian produk media yang divalidasi oleh para ahli. (4) Desiminate merupakan tahap penyebaran media yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 95,71% dan validasi ahli materi 98,09%, keduanya termasuk ke dalam kriteria sangat valid layak digunakan untuk uji coba ke peserta didik. Selanjutnya, hasil respons peserta didik pada uji lapangan utama memperoleh persentase 86% dan uji lapangan operasional memperoleh persentase 88%, masing-masing termasuk ke dalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut maka media komik berbasis HOTS layak digunakan dalam membantu menarik perhatian peserta didik, mudah dipahami, menumbuhkan minat belajar, menumbuhkan rasa senang, menumbuhkan aktifitas belajar serta memicu kemampun berpikir peserta didik pada pembelajaran PPKn di kelas VI SDN Banjar Sari 3.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Komik, HOTS, PPKn |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 03:07 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 03:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10130 |
Actions (login required)
Lihat Item |