Nurafifah, Ratih Aulia (2022) Manajemen Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Daarut Tasbih Ar-Rafi Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_161250021_Cover.pdf Download (98kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250021_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250021_Bab I.pdf Download (487kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_161250021_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (401kB) |
||
Teks
S_MPI_161250021_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (211kB) |
||
Teks
S_MPI_161250021_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_MPI_161250021_Bab V.pdf Download (113kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250021_Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian dilakukan di pondok Pesantren Daarut Tasbih Ar-Rafi. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pondok pesantren ini mempunyai cara dalam pembentukan karakter para santri dengan mengadakan aturan tersendiri yaitu dengan menerapkan keteladanan (uswah hasanah), latihan dan pembiasakan (tadrib), mengambil pelajaran (ibrah), nasehat (maudzah), kedisiplinan, pujian dan hukuman (targhib wahzib) namun masih ditemukannya perilaku indisipliner yang terjadi pada santri . Oleh sebab itu pondok Pesantren Daarut Tasbih Ar-Rafi melakukan perencanaan setiap memasuki ajaran baru dimulai dengan rapat bersama seluruh stakeholder guna membahas program dalam satu tahun kedepan, satu bulan kedepan dan membahas siswa yang bermasalah lalu mencari tahu bagaimana cara menanganinya dan nilai-nilai karakter apa saja yang akan dikembangkan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana manajemen pendidikan karakter siswa di Pondok Pesantren Daarut Tasbih Ar-Rafi Kabupaten Tangerang? (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pendidikan karakter siswa di Pondok Pesantren Daarut Tasbih Ar-Rafi Kabupaten Tangerang?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah tenaga pengajar pondok Pesantren dan pengurus pondok pesantren. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data, simpulan dan verifikasi, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama; Manajemen pendidikan karakter di pondok pesantren Daarut Tasbih Ar-Rafi sudah baik. Karena sesuai dengan pedoman yang ada, yang meliputi proses perencanaan, pengorganisasia, pelaksanaan dan pengevaluasian. Selain itu, membiasakan berpakaian rapih dan sopan, kegiatan yang diadakan oleh pondok pesantren memang ditujukan untuk perkembangan karakter santri agar menjadi santri yang berakhlakul karimah. Kedua; Faktor yang mendukung penerapan pendidikan karakter santri diantaranya dari dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat di lingkungan. Seperti para tenaga pengajar, para pengurus pondok pesantren serta tokoh masyarakat disekitar lingkungan pondok Pesantren. Faktor yang menjadi hambatan pendidikan karakter santri meliputi lingkungan pondok pesantren yang kurang strategis dikarenakan berada ditengah pemukiman sehingga masih memungkinkan para santri beriteraksi dengan budaya luar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Karakter Islami Siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 03:26 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 03:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10114 |
Actions (login required)
Lihat Item |