Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi pada Pelajaran Al-Qur’an Kelas VII B MTs. Darussalam Pandeglang

Niswa, Siti Aula (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi pada Pelajaran Al-Qur’an Kelas VII B MTs. Darussalam Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210113_Cover.pdf

Download (286kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210113_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210113_Bab I.pdf

Download (739kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210113_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (908kB)
[img] Teks
S_PAI_171210113_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (882kB)
[img] Teks
S_PAI_171210113_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (739kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210113_Bab V.pdf

Download (290kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210113_Daftar Pustaka.pdf

Download (429kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dan diantara pendidikan yang paling mulia yang wajib orang tua ajarkan adalah pendidikan al-Qur’an., dengan memberikan pendidikan al-Qur’an terhadap anak, secara tidak langsung Orang tua menjunjung tinggi nilai-nilai syari’at Islam.lima tanggung jawab seseorang terhadap al-Qur’an yaitu: Tilawah/Tahsin, Tafsir ,Taṭbiq, Tabligh, Tahfidz. lembaga pendiidkan madrasah merupakan suatu hal yang penting untuk menemukan cara agar nilai-nilai pendidikan Islam dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari siswa. Terutama pada pembelajaran al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini 1) bagaimana penerapan metode Ummi pada pelajaran al-Qur’an kelas VII B MTs Darussalam Pandeglang? 2) bagaimana aktivitas siswa dengan penggunaan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an kelas VII B MTs Darussalam Pandeglang? apakah kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an dengan metode Ummi kelas VII B MTs Darussalam Pandeglang meningkat? Metode Ummi merupakan salah satu metode belajar membaca dan menghafal al-Qur’an dengan pendekatan bahasa ibu dilakukan secara tartil. metode yang digunakaan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas,meliputi pe.rencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 24 siswa laki-laki. indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa meningkat hingga 75%, dan mencapai > nilai KKM yaitu 75. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan diskusi antar guru. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa pada Pra Siklus dengan nilai rata-rata sebesar 50 dari 24 siswa yang belum mencapai BSB atau belum tuntas. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh dengan nilai rata-rata 71 dengan 6 siswa yang tuntas kategori BSB,dan 18 siswa yang mencapai BSH namun belum tuntas . Kemudian pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 78 dengan 3 siswa mencapai BSH dan 21 siswa mencapai BSB. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran di MTs Darussalam Pandeglang dengan menggunakan metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur’an kelas VII B dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peningkatan Kemampuan, Metode Ummi, Membaca Al-Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 03:37
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 03:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10108

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.