Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an (Studi Analisis di SMPN 14 Kota Serang)

Reisa, Irvi (2022) Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an (Studi Analisis di SMPN 14 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210043_Cover.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210043_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210043_Bab I.pdf

Download (432kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210043_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (635kB)
[img] Teks
S_PAI_181210043_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (281kB)
[img] Teks
S_PAI_181210043_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (318kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210043_Bab V.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210043_Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Membaca dan menulis Al-Qur’an merupakan hal yang wajib dipelajari oleh seluruh umat Islam terutama generasi muda dan anak-anak, karena Al-Qur’an merupakan sumber utama dalam hukum Islam. Hal ini pula Islam memotivasi umatnya untuk belajar sungguh-sungguh guna menambah wawasan ilmu pengetahuan. Untuk itu kemampuan siswa perlu dikembangkan melalui peran aktif dari guru dan melakukan pembiasaan yang mampu menunjang serta memotivasi siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di SMPN 14 Kota Serang, untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di SMPN 14 Kota Serang, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di SMPN 14 Kota Serang. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi siswa, serta mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an dan bagi siswa sendiri dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Pada proses penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru pendidikan agama Islam, Siswa, dan Wali siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi siswa sangat berpengaruh baik bagi siswa karena dengan adanya metode belajar efektif tersebut dapat memudahkan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Disamping itu, siswa mampu membaca dan menulis Al-Qur’an merupakan tujuan utama bagi setiap lembaga sehingga para siswa termotivasi, semangat dan sedikit demi sedikit mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya membaca dan menulis Al-Qur’an sangat berperan penting bagi siswa, lembaga dan masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Membaca Al-Qur’an; Menulis Al-Qur’an; Motivasi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 03:39
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 03:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.