Muthmainnah, Sofyatul (2022) Pengembangan Modul SKI Berbasis Website Materi Masyarakat Makkah Sebelum Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (MAN 4 Tangerang) di Masa Pandemi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210185_Cover.pdf Download (120kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210185_Lampiran Depan.pdf Download (936kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210185_Bab I.pdf Download (260kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210185_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (277kB) |
||
Teks
S_PAI_171210185_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (340kB) |
||
Teks
S_PAI_171210185_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (860kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210185_Bab V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210185_Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Menghasilkan modul Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis web materi tentang masyarakat makkah sebelum islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa (MAN 4 Tangerang) dimasa pandemi; Menganalisis kelayakan modul Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi tentang masyarakat mekah sebelum islam berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar siswa (MAN 4 Tangerang) dimasa pandemi. Pengembangan modul berbasis web pada materi masyarakat mekah sebelum islam dapat dipelajari melalui akses internet, yang mana materi Sejarah memiliki keterkaitan dengan modul karena pelajaran Sejarah sering di anggap membosankan yang pada akhirnya dapat menghambat perkembangan pengetahuan siswa khususnya dalam mempelajari sejarah kebudayaan islam (SKI). Modul berbasis Website dapat menjadi solusi untuk permasalahan ini terutama dalam situasi dan kondisi pandemi yang mengharuskan siswa dan guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran sejarah kebudayaan islam untuk membantu siswa dalam memahami materi masyarakat mekah sebelum islam dan mengembangkan konsepnya menjadi sebuah produk yang modern untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan modul berbais web pada materi masyarakat mekah sebelum islam berdasarkan data oleh validasi ahli materi dan validasi ahli media. Penelitian ini menggunakan metode R & D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate). Hasil penelitian menunjukan modul dari segi materi dan segi media dinyatakan valid dan layak digunakan. Sementara itu, hasil uji terbatas menggunakan angket respon siswa mendapatkan respon baik dari siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis web pada materi masyarakat makkah sebelum islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa dimasa pandemi ini dinyatakan layak dan valid.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Modul, Website, Masyarakat Mekah Sebelum Islam, Hasil belajar, ADDIE |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 04:04 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 04:04 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10100 |
Actions (login required)
Lihat Item |