Jaminan Kesehatan bagi Warga Miskin dan Tidak Mampu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Ditinjau dari Aspek Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang)

Nurhanah, Nurhanah (2022) Jaminan Kesehatan bagi Warga Miskin dan Tidak Mampu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Ditinjau dari Aspek Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_161120120_COVER.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_161120120_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (389kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_161120120_BAB I.pdf

Download (458kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HTN_161120120_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (348kB)
[img] Teks
S_HTN_161120120_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (245kB)
[img] Teks
S_HTN_161120120_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (343kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_161120120_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_161120120_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (859kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam menjamin kesehatan seluruh warganya Pemerintah memberikan berobat gratis bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang ditetapkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 pada pasal 14 ayat 2 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Dalam hal ini masyarakat miskin dan tidak mampu di Kecamatan Koroncong masih menggunakan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) untuk mendapatkan berobat gratis, karena tidak mempunyai jaminan kesehatan dari Pemerintah, hal ini dapat menyulitkan masyarakat miskin di Kecamatan Koroncong untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah dan layak. Dalam hal ini permasalahnya adalah:1) Bagaimana pelaksanaan kesehatan bagi warga miskin dan tidak mampu di Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004, 2) Apa kendala yang dihadapi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Pandeglang dalam memberikan layanan jaminan kesehatan bagi warga miskin dan tidak mampu di Kecamatan Koroncong 3) Bagaimana Pengelolaan BPJS Kesehatan menurut hukum Islam? Tujuan penelitian ini adalah1).Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan jaminan kesehatan bagi warga miskin dan tidak mampu di Kecamatan Koroncong 2).Untuk mengetahui apa saja Faktor yang mempengaruhi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Pandeglang dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warga miskin dan tidak mampu di Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang.3)Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan BPJS Kesehatan menurut hukum islam. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitan kualitatif dengan menggunakan pendekatan kasus dan pendekatan Undang-Undang. Dalam penelitian ini mengunakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan non hukum. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai sumber penelitian untuk memecahkan permasalahan yang diteliti. Dari penelitian ini disimpulkan:1)Pelaksanaan jaminan Kesehatan bagi warga miskin dan tidak mampu di kecamatan koroncong masih belum tersampaikan dengan baik, masih banyak masyarakat yang belum terpenuhi haknya mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah, sehingga ketika mengalami sakit tidak dapat berobat secara cuma-cuma.2)Faktor yang mempengaruhi BPJS cabang Pandeglang dalam penyampaian jaminan kesehatan belum optimal di kecamatan koroncong, kurangnya pengetahuan masyarakat terkait jaminan sosial, APBD yang berbeda setiap tahunnya untuk kesehatan, dan pendataan yang kurang valid yang dilakukan oleh Dinas Sosial di Kabupaten Pandeglang. 3)Pengelolaan BPJS Kesehatan perlu ditinjau kembali melalui aspek-aspek syariah, sehingga memiliki kesesuaian yang diharapkan tanpa melanggar aturan agama yang ada seperti terhindarnya dari Gharar riba, dan Judi

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Undang-undang, Hukum Islam, Kesehatan Masyarakat
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 04:07
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 02:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10097

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.