Pola Pembelajaran Karakter di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang Kota Serang Banten

Maltufah, Maltufah (2022) Pola Pembelajaran Karakter di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang Kota Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102024_COVER.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102024_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (535kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102024_BAB I.pdf

Download (306kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_152102024_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (442kB)
[img] Teks
S_PAI_152102024_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (106kB)
[img] Teks
S_PAI_152102024_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (214kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102024_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102024_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Skripsi yang membahas tentang pola pembelajaran karakter di pondok pesantren ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti mengenai pendidikan karakter dimana pendidikan karakter dinegara kita ini sedang mengalami krisis dan moral. Kondisi krisis dan moral ini menandakan bahwa seluruh pengetahuan agama dan moral yang didapatkannya dibangku sekolah ternyata tidak berdampak terhadap perubahan prilaku manusia. Tujuan yang diteliti ialah untuk mengetahui pola pembelajaran karakter di pondok pesantren Daarul Falah Ciloang-Kota Serang Banten dan untuk mengetahui apasaja nilai-nilai karakter yang ditanamkan oleh pondok pesantren Daarul FalahCiloang-Kota Serang Banten Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Kegiatan pokok dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara intensif tentang pola pembelajaran karakter di pondok pesantren Daarul Falah Ciloang Kota Serang Banten.. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pondok pesantren Daarul Falah Ciloang Kota Serang Banten dalam menerapkan pola pembelajaran karakter memang sudah bagus setelah diteliti, karena pondok pesantren Daarul Falah menerapkan dua pola sekaligus menjadi satu yaitu antara ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Simpulan Pola penerapan pembelajaran karakter di Pondok Pesantren Daarul Falah adalah memberikan kesadaran kepada para santri untuk mengikuti tata tertib yang ada disekitar lingkungan pondok, kemudian membuat aturan-aturan yang sedemikian rupa, dan mewajibkan kepada semua santri untuk mengikuti semua kegiatan-kegiatan baik kegiatan yang ada di sekitar lingkungan pondok pesantren seperti muhadharah, mudzakarah, dan marhabanan maupun kegiatan yang berada di luar pondok pesantren. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada para santri di pondok pesantren Daarul Falah yaitu menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, jujur, adil dan bertoleransi serta disiplin.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Pembelajaran Karakter, Nilai-nilai Karakter, Pondok Pesantren
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 04:24
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 04:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.