Tradisi Palang Pintu pada Resepsi Pernikahan Masyarakat Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan

Pramezwary, Shelly Mutiara (2022) Tradisi Palang Pintu pada Resepsi Pernikahan Masyarakat Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_153500522_Cover.pdf

Download (26kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_153500522_Lampiran Depan.pdf

Download (386kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_153500522_Bab I.pdf

Download (221kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_SPI_153500522_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (342kB)
[img] Teks
S_SPI_153500522_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (605kB)
[img] Teks
S_SPI_153500522_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (244kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_153500522_Bab V.pdf

Download (45kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_153500522_Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tradisi palang pintu dalam resepsi pernikahan adat Betawi menyimbolkan ujian yang harus dilalui mempelai laki-laki untuk meminang pihak perempuan. Budaya Betawi sangat kental dengan nilai moral budaya sebagai jati diri yang bersumber dari nilai-nilai agama sebagai sumber dalam berperilaku kehidupan sehari-hari, dengan adanya budaya lokal yang melekat dalam tradisi yang dianut yang menyambungkan tiga unsur penting yakni, mengaji, pantun dan silat, tradisi yang mengakar sebagai bagian dari budaya lokal yang mengandung nilai nilai luhur sangat perlu di lestarikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana sejarah tradisi palang pintu dalam resepsi pernikahan adat Betawi?, (2) Bagaimana rangkaian kegiatan dalam tradisi palang pintu pada pernikahan adat Betawi?, (3) Apa saja makna yang terkandung dalam setiap rangkaian kegiatan tradisi palang pintu pada pernikahan adat Betawi? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mengetahui sejarah tradisi palang pintu dalam pernikahan adat Betawi; (2) mengetahui rangkaian kegiatan dalam tradisi palang pintu pada pernikahan adat Betawi; (3) mengetahui makna yang terkandung dalam setiap rangkaian kegiatan tradisi palang pintu pada pernikahan adat Betawi. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metoe penelitian kebudayaan, dengan tahapannya sebagai berikut, yaitu: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan, Pondok Benda Kecamatan Pamulang merupakan etnis Betawi yang bertempat tinggal di Tangerang yang masih kental memegang erat Tradisi Palang Pintu Pada adat Betawi terdiri dari; Pertama shalawat, Kedua balas pantun, Ketiga beklai atau adu silat, Keempat lantun sike. Makna dalam setiap rangkaian kegiatan dari prosesi Palang Pintu yaitu; Shalawat , Balas pantun, , Beklai atau adu silat atau main pukul ,dan, lantun sike yang memiliki makna bahwa sebagai pemimpin keluarga laki laki harus taat terhadap perintah agama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 19 Okt 2022 06:49
Perubahan Terakhir: 19 Okt 2022 06:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10073

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.