Pemahaman Masyarakat dalam Asuransi Syariah (Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang)

Rokayah, Iis (2022) Pemahaman Masyarakat dalam Asuransi Syariah (Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430064_COVER.pdf

Download (78kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430064_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (505kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430064_BAB I.pdf

Download (494kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_171430064_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (430kB)
[img] Teks
S_AS_171430064_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (42kB)
[img] Teks
S_AS_171430064_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (313kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430064_BAB V.pdf

Download (9kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430064_DAFTA PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Asuransi sudah tidak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan mengingat perkembangannya yang semakin marak. Disadari atau tidak, asuransi merupakan satu-satunya instrumen keuangan yang dapat memberikan perlindungan atau jaminan pendapatan dan kesejahteraan hidup bagi ekonomi individu maupun organisasi dari risiko-risiko kehidupan yang dihadapi yang tidak diketahui kapan datangnya. Berdasarkan hasil studi survei pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di Kp. Pabuaran Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang terhadap 10 responden, menunjukan hasil bahwa tingkat pengetahuan tentang produk-produk asuransi syariah sangat kurang sekali. Sepuluh responden belum memahami dengan tentang asuransi syariah. Menurut Jannah dan Nugroho eksistensi asuransi syariah di Indonesia dapat ditingkatkan apabila memiliki dasar hukum yang khusus yang saat ini masih sangat minim untuk mengatur asuransi syariah. Selain itu diperlukan peran agen asuransi syariah untuk menjembatani informasi kepada masyarakat tentang produk, sistem, kegunaan, dan manfaat asuransi syariah (meningkatkan literasi asuransi syariah). Rumusan masalah 1. Bagaimana tingkat pemahaman masyarakat di Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang mengenai asuransi syariah? 2. Apa saja faktor-faktor yang menjadi pendorong untuk menarik minat masyarakat Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang dalam mengikuti asuransi syariah? 3. Apa saja faktor-faktor yang menjadi penghambat masyarakat Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang dalam menhikuti asuransi syariah? Tujuan Penelitian 1. Untuk mengetahui tingkat pemahaman masyarakat mengenai asuransi syariah di Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendorong untuk menarik minat masyarakat terhadap asuransi syariah di Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. 3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam perkembangan asuransi syariah di Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, penyebaran angket atau kuisioner dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 44 sampel. Dalam proses menganalisis dan menginterpretasikan data-data yang telah terkumpul peneltian menggunakan data analisis deskriptif. Tingkat pemahaman tentang asuransi syariah pada masyarakat Kampung Pabuaran Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang memiliki tingkat pemahaman tentang asuransi syariah yang baik. Faktor pendorong masyarakat Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang mengikuti asuransi syariah yaitu manfaat dari produk-produk asuransi. Terdapat dua faktor penghambat masyarakat Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang mengikuti asuransi syariah yaitu faktor pengetahuan dikarenakan kurangya sosialisasi/promosi dan faktor ekonomi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemahaman, Asuransi Syariah, Masyarakat
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 22 Nov 2022 06:43
Perubahan Terakhir: 22 Nov 2022 07:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10070

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.