Penerapan Konseling Individu dalam Meningkatkan Efikasi Diri Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah Sajir

Qusuma, Rachmat (2022) Penerapan Konseling Individu dalam Meningkatkan Efikasi Diri Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah Sajir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340129_Cover.pdf

Download (9kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340129_Lampiran Depan.pdf

Download (3MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340129_Bab I.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_171340129_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_BKI_171340129_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_BKI_171340129_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340129_Bab V.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340129_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Banyak persepsi mengenai keberadaan pesantren terutama Pondok Pesantren Salafiyah. Pesantren dianggap terbelakang dan tidak mampu berselancar dalam arus perubahan serta persaingan global. Padahal pesantren telah melahirkan generasi dengan sejumlah kompetensi. Untuk menjawab tantangan ini salah satunya diperlukan peningkatan efikasi diri pada santri. Upaya dalam peningkatan efikasi diri santri diantaranya dengan penerapan konseling individu. Penelitian ini mengambil judul penerapan konseling individu dalam meningkatkan efikasi diri santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah Sajira. Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui efikasi diri santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah; (2) untuk menerapkan konseling individu terhadap efikasi diri santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah; (3) untuk mendeskripsikan hasil penerapan konseling individu dalam meningkatkan efikasi diri santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan penerapan konseling individu dalam meningkatkan efikasi diri santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah. Berdasarkan hasil penelitian: (1) Kondisi efikasi diri santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah. Ditemukan berbagai bentuk ketidak percayaan pada diri santri diantaranya rasa malu yang berdampak pada bersosialisasi dengan lingkungan, rasa takut sehingga selalu menghindar terhadap tugas yang diberikan, rasa gugup yang mengakibatkan sulit berkomunikasi menyampaikan pendapat, dan rasa ragu dikarenakan ketidak percayaan akan potensi dirinya; (2) Penerapan konseling individu dalam meningkatkan efikasi diri santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah diantaranya: (a) pencerahan wacana diri; (b) layanan vokasional / keterampilan; (3) Hasil penerapan konseling individu dalam meningkatkan efikasi diri santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hasanah. Diketahui adanya peningkatan efikasi diri santri. Kendati demikian, masih perlu dilakukan tindakan secara konsisten dan berkelanjutan dalam rangka membantu individu mewujudkan dirinya sebagai manusia seutuhnya serta menghasilkan peningkatan-peningkatan pada dirinya, baik cara berfikir, berperasaan, dan berperilaku.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Individu, Efikasi Diri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Okt 2022 03:33
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.