Penerapan Rational Emotive Therapy (RET) terhadap Harga Diri Rendah pada Remaja Perempuan yang Mengalami Catcalling (Studi Kasus di Ds. Sepang Kec. Taktakan)

Dewi, Siti Rosmala (2022) Penerapan Rational Emotive Therapy (RET) terhadap Harga Diri Rendah pada Remaja Perempuan yang Mengalami Catcalling (Studi Kasus di Ds. Sepang Kec. Taktakan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_161340097_Cover.pdf

Download (43kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_161340097_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_161340097_Bab I.pdf

Download (439kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_161340097_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (194kB)
[img] Teks
S_BKI_161340097_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (249kB)
[img] Teks
S_BKI_161340097_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (355kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_161340097_Bab V.pdf

Download (47kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_161340097_Daftar Pustaka.pdf

Download (567kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_161340097_Bab II.pdf

Download (194kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Catcalling didefinisikan sebagai penggunaan bahasa kasar, ekspresi verbal maupun non-verbal yang terjadi di tempat umum, seperti jalan, trotoar, atau tempat umum lainnya. Ekspresi verbal dari catcalling melibatkan komentar yang mengarah pada penampilan wanita. Bentuk non-verbal mencakup gerakan fisik sebagai alat untuk menilai penampilan atau bentuk tubuh wanita. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi harga diri remaja perempuan yang mengalami catcalling? 2) Bagaimana tahap rational emotive therapy (ret) dalam menangani harga diri remaja perempuan yang mengalami catcalling? 3) Bagaimana hasil dari penerapan rational emotive therapy dalam menangani harga diri remaja perempuan yang mengalami catcalling? Adapun tujuan penelitian adalah: 1) Mengetahui kondisi psikologis remaja perempuan yang memiliki harga diri rendah akibat catcalling 2) Mengetahui proses konseling rational emotive therapy terhadap harga diri perempuan yang mengalami catcalling 3) Untuk mengetahui hasil dari penerapan rational emotive therapy terhadap harga diri perempuan yang mengalami catcalling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari perilaku konseli atau responden yang diamati. Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan: Kondisi harga diri rendah pada remaja perempuan yang mengalami catcalling pada ke-empat responden yaitu, menganggap dirinya merasa tidak layak bergaul dengan orang-orang yang memiliki kualitas diri yang lebih baik, merasa kehilangan martabatnya sebagai perempuan dan mengalami gejala neurasthenia, serta menyalahkan diri sendiri karena ketidakmampuan melawan pelaku catcalling. Proses Konseling Rational Emotive Therapy dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: 1) Assesmen merupakan tahap yang difokuskan untuk menggali dan memahami data informasi tentang responden. 2) Diagnosa menetapkan masalah yang dialami responden, 3) Prognosa bertujuan menentukan jenis bantuan yang sesuai dengan masalah responden, 4) Treatment merupakan proses konseling yang peneliti lakukan terhadap responden, 5) Evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan proses konseling. Setelah pelaksaan konseling RET kepada ke-empat responden, terdapat perubahan cara pandang yang positif dan rasional, yaitu responden mampu untuk membuka diri terhadap lingkungan sekitar, selalu belajar menghargai diri sendiri serta bangga akan bentuk tubuhnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Harga Diri Rendah, Remaja Perempuan, Catcalling
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Okt 2022 06:51
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2024 07:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10056

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.