Penerapan Terapi Memaafkan (Forgiveness Theraphy) untuk Mengurangi Trauma Pengasuhan pada Remaja Puteri (Penelitian di Kec. Cikeusal, Kec. Kramatwatu, Kec. Cinangka dan Kec. Carenang Kabupaten Serang)

Utami, Gita Putri (2022) Penerapan Terapi Memaafkan (Forgiveness Theraphy) untuk Mengurangi Trauma Pengasuhan pada Remaja Puteri (Penelitian di Kec. Cikeusal, Kec. Kramatwatu, Kec. Cinangka dan Kec. Carenang Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400517_Cover.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400517_Lampiran Depan.pdf

Download (436kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400517_Bab I.pdf

Download (606kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_153400517_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (301kB)
[img] Teks
S_BKI_153400517_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (195kB)
[img] Teks
S_BKI_153400517_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (256kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400517_Bab V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400517_Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam penelitian ini, peneliti fokus pada remaja puteri yang mengalami trauma pengasuhan. Karena banyak terjadinya kekerasan yang mengakibatkan gagalnya sebuah rumah tangga. Kejadian ini berakibat pada anak yang mengalami trauma pada masa kecilnya yang menghambat pertumbuhan pada lingkungan sosialnya. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana profil remaja puteri yang mengalami trauma pengasuhan di 4 kecamatan kabupaten serang? 2) Bagaimana Penerapan Terapi Memaafkan (Forgiveness Theraphy) untuk mengurangi trauma pengasuhan pada remaja puteri di 4 kecamatan kabupaten serang? 3) Bagaimana hasil penerapan terapi memaafkan untuk mengurangi trauma pengasuhan pada remaja puteri di 4 kecamatan kabupaten serang? Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui profil remaja putri yang mengalami trauma pengasuhan di 4 kecamatan kabupaten serang. 2) Untuk mengetahui Penerapan Terapi Memaafkan (Forgiveness Theraphy) untuk mengurangi trauma pengasuhan pada remaja puteri di 4 kecamatan kabupaten serang. 3) Untuk mengetahui hasil penerapan terapi Memaafkan (Forgiveness Theraphy) untuk mengurangi trauma pengasuhan pada remaja puteri di 4 kecamatan kabupaten serang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, profil remaja puteri yang mengalami trauma pengasuhan. Sebelum penerapan terapi memaafkan secara umum empat responden mengalami emosi negatif. Kedua, Penerapan terapi memaafkan (Forgiveness Theraphy) untuk mengurangi trauma pengasuhan pada remaja puteri dilakukan 3 tahap diantaranya sebagai berikut: a) Membangun hubungan dengan responden dan keluarga menggunakan teknik meditasi cinta kasih. b) Teknik Ego State Therapy dengan proses wawancara kepada responden. c) Menggabungkan terapi Meditasi Cinta Kasih dan Ego State Therapy. Ketiga, Hasil penerapan terapi Memaafkan, secara umum terjadi penurunan emosi negatif dan memperoleh emosi positif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Terapi Memaafkan, Trauma Pengasuhan, Remaja Puteri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Okt 2022 08:00
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2024 08:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.