Penerapan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk Mengurangi Kecemasan Public Speaking pada Remaja Usia Akhir (Studi di Desa Sumuranja Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang-Banten)

Nurkhomsah, Via (2022) Penerapan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk Mengurangi Kecemasan Public Speaking pada Remaja Usia Akhir (Studi di Desa Sumuranja Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400462_Cover.pdf

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400462_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400462_Bab I.pdf

Download (372kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_153400462_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (142kB)
[img] Teks
S_BKI_153400462_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (123kB)
[img] Teks
S_BKI_153400462_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (194kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400462_Bab V.pdf

Download (47kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_153400462_Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang dituntut untuk berkomunikasi dengan orang lain, termasuk diantaranya jika ia dibutuhkan untuk dapat berbicara di depan umum (public speaking). Remaja juga diharapkan mampu mengkomunikasikan ide-ide dan gagasannya dalam mengisi pembangunan dan memajukan bangsa. Namun saat mendapatkan kesempatan berbicara dan tampil di depan umum (public speaking). Tidak sedikit remaja yang mengalami kecemasan. Usaha mengurangi kecemasan dapat dilakukan dengan menggunakan teknik desensitisasi sistematis yang merupakan salah satu teknik dari pendekatan konseling behavioral. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penyebab timbulnya kecemasan public speaking 2) Untuk menerapkan teknik desensitisasi sistematis dalam mengurangi kecemasan public speaking 3) Untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan teknik desensitisasi sistematis dalam mengurangi kecemasan public speaking. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat tindakan, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Faktor penyebab kecemasan public speaking pada remaja usia akhir adalah pengalaman negatif pada masa lalu, dan pikiran yang tidak rasional seperti berfikir bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, takut diejek ketika salah, merasa akan gagal atau tampil buruk, insecure karena fisik, dan merasa bahwa tidak bisa tampil dengan sempurna. 2) Penerapan teknik desensitisasi sistematis dimulai dengan rileksasi, yang dilakukan agar responden tidak merasa tegang. Selanjutnya responden diminta untuk menutup mata, kemudian diminta untuk membayangkan situasi yang membuatnya merasa lebih rileks dan perlahan-lahan peneliti meminta responden untuk membayangkan situasi yang dapat menimbulkan kecemasan pada tingkat yang paling rendah hingga tingkat yang paling tinggi. Lalu peneliti meminta responden untuk membayangkan hal yang membuatnya rileks kembali. Kemudian ditutup. Treatment ini diulang ulang hingga responden mampu mengatasi gejala kecemasannya. Berdasarkan hasil penerapan teknik desensitisasi sistematis kepada empat responden yang mengalami kecemasan public speaking, keempat responden tersebut sudah mengalami perubahan setelah melakukan empat tahap pertemuan. Meskipun satu dari empat responden tersebut masih harus diberikan tindakan lanjut agar mengalami perubahan yang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teknik Desensitisasi Sistematis, Kecemasan, Public Speaking
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.15 Ilmu jiwa agama Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2022 06:25
Perubahan Terakhir: 23 Apr 2024 08:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10047

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.