Analisis Penyebab Ditolaknya Klaim Asuransi Akibat Hilangnya Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang)

Safitri, Safitri (2022) Analisis Penyebab Ditolaknya Klaim Asuransi Akibat Hilangnya Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430024_COVER.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430024_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (903kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430024_BAB I.pdf

Download (254kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430024_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (386kB)
[img] Teks
S_AS_181430024_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (144kB)
[img] Teks
S_AS_181430024_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (195kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430024_BAB V.pdf

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430024_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (903kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penyebab sulitnya tertanggung untuk dapat pembayaran ganti rugi, salah satunya masyarakat kurang memahami tentang polis asuransi, seperti hipnotis, kendaraaan hilang karna penggelapan, dan kendaraan digunakan sebagai tindak kejahatan, masyarakat harus memahami apa asuransi yang mereka beli, dan juga pihak penanggung yang kurang terbuka, selain alasan itu juga terkadang lemahnya keadaan tertanggung di perjanjian asuransi juga mendukung banyak masalah yang dihadapi. Di dalam perjanjian asuransi, biasanya pihak yang lemah itu tertanggung karena tertanggung tidak ada dalam keadaan bebas untuk bisa menentukan isi dari perjanjiaan asuransi tersebut. Dengan demikian, pihak penanggunglah yang memiliki posisi lebih kuat sebagai yang membuat perjanjian dan bisa memanfaatkan kesempatan agar dapat menentukan klausa yang pastinya menguntungkan Berdasarkan latar belakang masalah diatas dirumuskan rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimana Prosedur ditolaknya Klaim Asuransi Akibat Hilangnya Kendaraan Bermotor Pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 cabang serang? 2. Apakah klaim yang ditolak oleh perusahaan sudah sesuai dengan polis asuransi? Tujuannya untuk mengetahui 1. bagaimana prosedur/proses klaim kendaraan bermotor ditolak oleh perusahaan PT. Asuransi Bumiputera Muda 1987 cabang serang, dan 2. untuk mencari tau apakah klaim yang ditolak sudah sesuai polis atau belum. Penelitian ini dilakukan di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang serang pada bulan Februari sampai bulan Maret tahun 2022 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan metode wawancara, dan juga sumber sumber seperti jurnal, buku, skripsi terdahulu yang terpercaya sebagai sumber referensi. Perusahaan akan melakukan survei untuk melihat keronologi kehilangan kendaraan tersebut, tetapi sebelum melakukan survei perusahaan akan menerima dokumen pengajuan klaim, dan mengecek terlebih dahulu premi tertanggung sudah terbayar atau belum, objek nya sesuai atau tidak, periode nya masi dalam jangkauan atau tidak. Perusahaan akan melihat itu semua dengan tujuan untuk mengecek kesesuaian dengan yang di jaminkan, lalu di sesuaikan dengan klausula asuransi. Kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor yang dipertanggungkan sebagai akibat perbuatan jahat yang dilakukan oleh tertanggung, suami atau istri atau anak tertanggung, orang yang disuruh tertanggung, orang yang bekerja pada tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin tertanggung, atau orang yang tinggal bersama tertanggung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Klaim, Ditolak, Kendaraan Bermotor
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2022 06:28
Perubahan Terakhir: 17 Okt 2022 06:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.