Analisis Prosedur Underwriting dalam Meminimalisir Terjadinya Klaim pada Produk Asuransi Kecelakaan Diri Individu (Studi Kasus pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Ro Serang City)

Putri, Nabilla Amatullah Ardita (2022) Analisis Prosedur Underwriting dalam Meminimalisir Terjadinya Klaim pada Produk Asuransi Kecelakaan Diri Individu (Studi Kasus pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Ro Serang City). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430023_COVER.pdf

Download (124kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430023_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (980kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430023_BAB I.pdf

Download (246kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430023_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (408kB)
[img] Teks
S_AS_181430023_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (313kB)
[img] Teks
S_AS_181430023_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (383kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430023_BAB V.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430023_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pada perusahaan asuransi sendiri sebagai lembaga pengalihan risiko, karena ruang lingkup tersebut tentunya perusahaan punya perhitungan sendiri agar perusahaan tidak rugi, yaitu merumuskan masalah-masalah yang ada dengan diterapkannya manajemen risiko melalui proses underwriting. Bagi perusahaan asuransi terjadinya klaim adalah risiko. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana Prosedur Underwriting Pada Produk Asuransi Kecelakaan Diri Individu Di PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Serang City? 2). Apa Saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Underwriting Pada Produk Asuransi Kecelakaan Diri Individu Di PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Serang City? 3). Bagaimana Tingkat Keberhasilan Underwriter Dalam Meminimalisir Klaim Yang Terjadi Pada Produk Asuransi Kecelakaan Diri Individu Di PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Serang City? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui bagaimana Prosedur Underwriting Pada Produk Asuransi Kecelakaan Diri Individu Di PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Serang City. 2), Untuk mengetahui Apa Saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Underwriting Pada Produk Asuransi Kecelakaan Diri Individu Di PT. Asuransi Takaful Keluarga RO City Serang. 3). Untuk mengetahui bagaimana Tingkat Keberhasilan underwriter dalam Meminimalisir Klaim Yang Terjadi Pada Produk Asuransi Kecelakaan Diri Individu Di PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Serang City. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. Data yang digunakan data primer dan data sekunder. Data primer yaitu melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi langsung pada PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Serang City. Data sekunder yang bersumber dari buku-buku, jurnal, artikel, website, dan sumber lainnya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Prosedur underwirting yang dilakukan oleh PT Asuransi Takaful Keluarga RO Serang City dilakukan dengan sangat cermat dan teliti sesuai Standard Operasional Prosedur Underwriting. Dengan seleksi risiko yang dilakukan pada faktor-faktor yang mempengaruhi seperti usia, masa perjanjian, riwayat kesehatan, hobi dan perkerjaan. Rasio klaim yang dimiliki perusahaan pada tahun 2018-2021 yaitu 0%, karena pada 4 tahun tersebut tidak ada klaim yang terjadi. Akan tetapi dilihat dari pendapatan premi yang diperoleh perusahaan tidak mendapatkan hasil yang maksimal atau rendahnya premi yang didapatkan perusahaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Underwriting, Klaim, Produk Kecelakaan Diri Individu
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2022 06:31
Perubahan Terakhir: 17 Okt 2022 06:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10044

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.