Rational Emotive Therapy (RET) dalam Membangun Kesadaran Orangtua terhadap Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) (Studi Kasus di Kp. Ciampo, Desa Cisangu, Kecamatan Cibadak, Lebak-Banten)

Hapipudin, Irpa (2022) Rational Emotive Therapy (RET) dalam Membangun Kesadaran Orangtua terhadap Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) (Studi Kasus di Kp. Ciampo, Desa Cisangu, Kecamatan Cibadak, Lebak-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340019_Cover.pdf

Download (124kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340019_Lampiran Depan.pdf

Download (432kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340019_Bab I.pdf

Download (360kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_171340019_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (262kB)
[img] Teks
S_BKI_171340019_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (83kB)
[img] Teks
S_BKI_171340019_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340019_Bab V.pdf

Download (40kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340019_Daftar Pustaka.pdf

Download (404kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya dan meningkatkan harkat serta martabat manusia, sehingga manusia mampu untuk menghadapi setiap perubahan yang terjadi menuju arah yang lebih baik. Memberikan pendidikan pada anak merupakan salah satu tugas orangtua, namun faktanya masih ada orangtua yang tidak ingin anaknya sekolah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis bermaksud untuk memberikan sebuah layanan yaitu Rational Emotive Therapy (RET) untuk membangun kurangnya kesadaran orangtua terhadap pendidikan sekolah menengah atas Peneliti ini membahas beberapa rumusan masalah diantaranya: 1) Bagaimana kesadaran orangtua tentang Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kp. Ciampo ?, 2) Bagaimana proses konseling dengan Rational Emotive Theraphy (RET) dalam membangun kesadaran orangtua terhadap pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kp. Ciampo ?, 3) Bagaimana hasil yang dilakukan dengan Rational Emotive Therapy (RET) dalam membangun kesadaran orangtua terhadap pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kesadaran orangtua pada pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kp. Ciampo, Desa Cisangu, Kab. Lebak, Banten, 2) Untuk menerapkan Rational Emotive Theraphy (RET) dalam membangun kesadaran orangtua terhadap Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), 3) Untuk menyimpulkan hasil Rational Emotive Theraphy (RET) dalam membangun kesadaran orangtua terhadap pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan (1) Kurangnya kesadaran orang tua terhadap pendidikan SMA hal ini karena faktor ekonomi yang kurang mampu, faktor pendidikan serta faktor lingkungan yang menyebabkan kesadaran akan pendidikan ke jenjang SMA kurang. (2) Proses konseling dengan Rational Emotive Theraphy (RET) dilakukan konseling secara individual, menjelaskan pentingnya pendidikan, serta melakukan evaluasi proses konseling. (3) setelah dilakukan konseling secara individu, ada perubahan dari orangtua yang sudah menyekolahkan anak. Adapaun faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya kesadaran orangtua terhadap pendidikan Sekolah Menengah Atas adalah faktor pendidikan, faktor ekonomi dan faktor lingkungan. Dengan mengunakan teknik diantaranya teknik pengajaran, persuasif dan pemberian tugas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kesadaran Orangtua, Pendidikan, Rational Emotive Therapy
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.15 Ilmu jiwa agama Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2022 06:50
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 06:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10032

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.