Mekanisme Pengelolaan Dana Zakat, Infak, dan Shodaqoh pada Bank Tabungan Negara Syariah KCS Serang (Studi Kasus pada DKM Musholla Al-A’raf)

Ningtias, Hera Putriana (2022) Mekanisme Pengelolaan Dana Zakat, Infak, dan Shodaqoh pada Bank Tabungan Negara Syariah KCS Serang (Studi Kasus pada DKM Musholla Al-A’raf). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420008_COVER.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420008_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (670kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420008_BAB I.pdf

Download (478kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_171420008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (568kB)
[img] Teks
S_PBS_171420008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (454kB)
[img] Teks
S_PBS_171420008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (496kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420008_BAB V.pdf

Download (248kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Indonesia sebagai Negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam memiliki potensi yang cukup besar dalam melakukan penghimpunan dan pendistribusian dana zakat, infak dan shodaqoh (ZIS). Selain institusi zakat, Bank merupakan salah satu lembaga yang memiliki fungsi sosial. BTN Syariah KCS Serang adalah salah satu unit usaha syariah dari PT. Bank Tabungan Negara (persero), Tbk. dimana pengelolaan dana ZIS yang mencakup penghimpunan dan pendistribusian di Bank tersebut dilakukan dengan membentuk DKM Musholla Al-A’raf sebagai kepanjangan tangannya, namun demikian potensi dana ZIS belum dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan kesadaran untuk menunaikan zakat, infak dan shodaqoh (ZIS). Sehingga potensi dalam mengentaskan kemiskinan dengan pemanfaatan dana zakat, infak dan shodaqoh (ZIS) belum bisa dimaksimalkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka didapatkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana mekanisme penghimpunan dan pendistribusian dana ZIS di DKM Musholla Al-A’raf pada Bank BTN Syariah KCS Serang. Dengan tujuan adanya penelitian ini adalah : Untuk mengetahui mekanisme atau prosedur dalam penghimpunan dan pendistribusian dana ZIS di DKM Musholla Al-A’raf pada Bank BTN Syariah KCS Serang. Penelitian ini bersifat Kualitatif-Deskriptif. Data yang didapatkan dari hasil wawancara dengan salah satu karyawan dan pengurus DKM Musholla Al-A’raf di Bank BTN Syariah KCS Serang serta dokumentasi berupa buku, jurnal dan laporan keuangan dana ZIS. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa : DKM Musholla Al-A’raf pada Bank BTN Syariah KCS Serang telah melakukan pengelolaan dana zakat, infak dan shodaqoh (ZIS) dengan menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infak dan shodaqoh (ZIS). Penghimpunan dilakukan dengan menetapkan sasaran muzakki seperti nasabah bank, karyawan Bank BTN Syariah dan masyarakat umum, serta melakukan sosialisasi dan himbauan untuk menyalurkan dana zakat, infak dan shodaqoh (ZIS) kepada BAZIS BTN dan mendistribusikan dana zakat, infak dan shodaqoh (ZIS) yang dibantu oleh DKM Musholla Al-A’raf sebagai wadah yang mengelola dana sosial di lingkungan Bank BTN Syariah KCS Serang. Dalam pendistribusiannya, DKM Musholla Al-A’raf pada Bank BTN Syariah KCS Serang memprioritaskan kepada mustahik 8 asnaf yang masih bersifat konsumtif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bank Syariah, Zakat, Infak, Shodaqoh
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.14 Zakat
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Okt 2022 01:26
Perubahan Terakhir: 14 Okt 2022 01:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.