PENGOBATAN HIKMAH UNTUK KESEHATAN MENTAL PASIEN (Studi Kasus di Kampung Tarikolot Desa Malangsari Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak-Banten)

Fauziah, Pupung (2016) PENGOBATAN HIKMAH UNTUK KESEHATAN MENTAL PASIEN (Studi Kasus di Kampung Tarikolot Desa Malangsari Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak-Banten). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
CAVER PUNG BKI 2016.pdf

Download (199kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bagian depan skripsi.pdf

Download (386kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I pendahuluan skripsi revisi.pdf

Download (447kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II profil ponpes revisi.pdf

Download (289kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III praktik pengobatan hikmah.pdf

Download (328kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV pengaruh pengobatan hikmah terhadap kesehatan mental pasien.pdf

Download (273kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V penutup.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA jadi.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kesehatan mental adalah terwujudnya keharmonisan dalam fungsi jiwa serta tercapainya kemampuan untuk menghadapi permasalahan sehari-hari. Kesehatan mental seseorang dipengaruhi oleh agamanya. Karena itu banyak orang yang mempunyai masalah dalam kehidupannya mendatangi agamawan untuk sekedar berkonsultasi dan bahkan meminta bantuan untuk penyelesaiannya. Hal ini pun terjadi di Kampung Tarikolot Desa Malangsari Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak-Banten. Banyak orang yang berkunjung kepada agamawan setempat. Adalah Ahmad Patoni salah satu ahlul ma’had di Pondok Pesantren Manba’ul Falah yang mengajarkan ilmu hikmah kepada santrinya. Ia dipandang sebagai ahli hikmah atau orang yang mampu membantu permasalahan yang dihadapi oleh pasiennya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik pengobatan hikmah yang dilakukan oleh Ahmad Patoni? 2)Bagaiman persepsi pasien tentang pengobatan hikmah? 3)Bagaimana pengaruh pengobatan hikmah terhadap kesehatan mental pasien? 4) Bagaimana hubungan pengobatan hikmah dengan teknik konseling modern? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana praktik pengobatan hikmah yang dilakukan oleh Ahmad Patoni? 2) Bagaimana persepsi pasien tentang pengobatan hikmah? 3)Bagaimana pengaruh pengobatan hikmah terhadap kesehatan mental pasien? 4) Bagaimana hubungan pengobatan hikmah dengan teknik konseling modern? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan format desain deskriptif analitis, yaitu dengan menggambarkan subyek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa: satu praktik pengobatan hikmah yang dilakukan oleh Ahmad Patoni menggunakan media air dan dzikir yang berupaya untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh pasiennya. Dua persepsi pasien terhadap pengobatan hikmah ada yang mengetahui ada juga yang tidak mengetahui. Ketiga pengobatan hikmah berpengaruh terhadap kesehatan mental pasien, ditandai dengan pengakuan pasien yang merasa tenang, dapat berinteraksi kembali dengan masyarakat setelah mengikuti pengobatan hikmah yang dilakukan oleh Ahmad Patoni. Empat keterkaitan pengobatan hikmah dengan teknik konseling modern mempunyai hubungan yang sangat erat. Hal ini ditandai dengan cara konseling islami yang dilakukan oleh Ahmad Patoni mempunyai kesamaan dengan teknik konseling modern yang berkembang dewasa ini. seperti teknik attending, membuka percakapan, eksplorasi, diam, fokus, memimpin, empati, mengarahkan, konfrontasi, memberi nasihat, Terafi Rasional Emotif, dan Client Centered.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Psikologi Mental,Kesehatan Matal
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2017 07:48
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.