Hasanah, Hilda (2025) Peran Kepala Sekolah dan Komite Dalam Mengembangkan Program Kegiatan yang Mendukung Karakter Peduli Sosial Pada Anak di RA Al-Amanah Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_211260022_COVER.pdf Download (381kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260022_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260022_BAB I.pdf Download (180kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260022_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (346kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260022_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (216kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260022_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (476kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260022_BAB V.pdf Download (32kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260022_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
Abstrak
Kepala sekolah memiliki peran sentral sebagai pemimpin dan penggerak utama dalam pengembangan karakter peduli sosial pada anak. Kepala sekolah dan komite mengadakan kegiatan untuk mendukung karakter peduli sosial anak seperti : bakti sosial, kunjungan panti asuhan, penggalangan dana, kegiatan berbagi makanan, gerkan peduli lingkungan. Perkembangan peduli sosial pada anak sangat penting dilakukan kepala sekolah, guru dan komite di sekolah. Sekolah membentuk karakter peduli sosial pada anak, nilai-nilai dari karakter peduli sosial, dengan memberikan bimbingan, pemahaman dan keyakinan supaya karakter peduli sosial emosional yang ada pada peserta didik semakin berkembang dan dapat ditanamkan dengan baik dan penuh kesadaran. Namun pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang memiliki karakter peduli sosial kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dan komite dalam mengembangkan program kegiatan yang mendukung karakter peduli sosial pada anak di RA Al-Amanah kota Cilegon dan sebarapa jauh perkembangannya terhadap anak. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang peneliti gunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan adalah kepala sekolah dan komite telah melakukan kerja sama atau berkolaborasi melakukan perannya dalam mengembangkan program kegiatan yang mendukung sikap peduli sosial pada anak dengan baik. Peran tersebut diantaranya : 1. Kepala sekolah sebagai pendidik, 2. Kepala sekolah sebagai manajer, 3. Kepala sekolah sebagai pengadministrasian, 4. Kepala sekolah sebagai pengawas. 5. Kepala sekolah sebagai pemimpin 6. Kepala sekolah sebagai motivasi. Adapun komite sekolah : 1. Komite sekolah sebagai pertimbangan, 2. Komite sekolah sebagai pendukung, 3. Komite sekolah sebagai pengontrolan, 4. Komite sekolah sebagai mediator.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Peran Kepala sekolah dan Komite, Perkembangan Peduli Sosial Pada anak |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 12 Nov 2025 07:47 |
| Perubahan Terakhir: | 12 Nov 2025 07:47 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17741 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
