Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Komisi Dalam Program Shopee Affiliate

Alila, Naila Rafa (2025) Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Komisi Dalam Program Shopee Affiliate. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_211130151_COVER.pdf

Download (365kB)
[img] Teks
S_HES_211130151_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_211130151_BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Teks
S_HES_211130151_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img] Teks
S_HES_211130151_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (172kB)
[img] Teks
S_HES_211130151_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (565kB)
[img] Teks
S_HES_211130151_BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Teks
S_HES_211130151_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak signifikan terhadap sektor ekonomi, termasuk dalam kemunculan transaksi elektronik yang mendukung aktivitas perdagangan secara efisien tanpa tatap muka. Salah satu contohnya adalah program Shopee Affiliate, yang memberikan komisi kepada individu melalui promosi produk menggunakan tautan di media sosial. Namun, sistem komisi ini menimbulkan pertanyaan dalam perspektif hukum Islam terkait kejujuran, transparan, dan unsur gharar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem komisi pada program Shopee Affiliate ditinjau dari hukum Islam guna menilai kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana sistem komisidalam program Shopee Affiliate dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap sistem komisi dalam program Shopee Affiliate. Untuk menjawab rumusan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan normatif dan empiris. Pendekatan normatif digunakan untuk mengkaji sistem komisi berdasarkan prinsip-prinsip hukum Islam, sedangkan pendekatan empiris diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari affiliator serta data sekunder dari literatur yang relevan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan metode deskriptif analitik untuk menggambarkan dan menganalisis kesesuaian sistem komisi Shopee Affiliate dengan prinsip-prinsip fiqih muamalah. Hasil penelitian ini mengkaji program Shopee Affiliate sebagai strategi pemasaran digial dan menilai kesesuaiannya dengan prinsip muamalah dalam Islam. Program ini memberika komisi kepada pengguna yang mempromosikan produk melalui media sosial. Namun, penggunaan konten tanpa izin dalam promosi menimbulkan unsur gharar dan pengambilan hak orang lain secara batil. Hal ini bertentangan dengan prinsip keadilan dan kehalalan dalam transaksi menurut syariat Islam

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Shopee Affiliate, Hukum Islam
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 340 Hukum > 348 peraturan & kasus
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Nov 2025 08:00
Perubahan Terakhir: 03 Nov 2025 08:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17705

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.