أثر استخدام تعلم أفعال الكلام في سيطرة التلاميذ على مهارة الكلام (بحث تجريبي على تلاميذ الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى مدينة سيرانج)

Ramadhanianty, Ghina (2025) أثر استخدام تعلم أفعال الكلام في سيطرة التلاميذ على مهارة الكلام (بحث تجريبي على تلاميذ الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى مدينة سيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_211220018_Cover.pdf

Download (485kB)
[img] Teks
S_PBA_211220018_Lampiran Depan.pdf

Download (783kB)
[img] Teks
S_PBA_211220018_BAB I.pdf

Download (685kB)
[img] Teks
S_PBA_211220018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (569kB)
[img] Teks
S_PBA_211220018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (719kB)
[img] Teks
S_PBA_211220018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (607kB)
[img] Teks
S_PBA_211220018_BAB V.pdf

Download (454kB)
[img] Teks
S_PBA_211220018_Daftar Pustaka.pdf

Download (464kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya tindak utur dalam meningkatkan maharah kalam siswa.Maharah kalam atau kemampuan berbicara merupakan salah satu keterampilan bahasa Arab yang sangat penting dalam proses komunikasi, namun seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan berbicara bahasa Arab tidak hanya memerlukan penguasaan kosakata dan tata bahasa, tetapi juga pemahaman tentang konteks penggunaan bahasa dalam situasi komunikasi yang nyata. Pembelajaran tindak tutur sebagai pendekatan yang mengintegrasikan aspek linguistik dan pragmatik diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara efektif.Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan penggunaan pembelajaran tindak tutur sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental yang melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan desain pre-test dan post test. Sampel penelitian terdiri dari 24 siswa di kelas eksperimen dan 24 siswa di kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran tindak tutur memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penguasaan keterampilan berbicara siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji sample test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, di mana nilai rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 50,32 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol hanya 29,17. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran tindak tutur terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tindak tutur, keterampilan berbicara,pemebelajaran bahasa Arab
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Okt 2025 03:43
Perubahan Terakhir: 31 Okt 2025 03:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17693

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.