المواد التعليمية التصالية في كتاب العربية بين يديك (دراسة تحليلية عن التداولية كالمواد التعليمية في المذهب التصالي)

Millati, Arini Fitrota (2025) المواد التعليمية التصالية في كتاب العربية بين يديك (دراسة تحليلية عن التداولية كالمواد التعليمية في المذهب التصالي). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_211220010_Cover.pdf

Download (109kB)
[img] Teks
S_PBA_211220010_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_PBA_211220010_BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Teks
S_PBA_211220010_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
S_PBA_211220010_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (373kB)
[img] Teks
S_PBA_211220010_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (448kB)
[img] Teks
S_PBA_211220010_BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Teks
S_PBA_211220010_Daftar Pustaka.pdf

Download (354kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji materi pembelajaran dalam buku Arabiyah Bayna Yadayka berdasarkan pendekatan komunikatif dengan fokus pada unsur pragmatik, yaitu tindak tutur, prinsip kesopanan, dan implikatur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik simak dan catat. Data berupa kutipan dialog dianalisis menggunakan teori Austin dan Searle (tindak tutur), Leech (kesopanan), dan Grice (implikatur). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 143 tindak tutur, 24 prinsip kesopanan, dan 13 implikatur dalam dialog buku tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa buku Arabiyah Bayna Yadayka mendukung pengembangan kompetensi pragmatik peserta didik sebagai bagian dari kompetensi sosiolinguistik dalam kerangka kompetensi komunikatif. Dengan demikian, buku Arabiyah Bayna Yadayka dapat dikatakan berkontribusi secara signifikan dalam menunjang pembelajaran bahasa Arab yang tidak hanya berfokus pada struktur gramatikal, tetapi juga pada kemampuan berkomunikasi secara efektif dan kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya penyusunan bahan ajar yang memperhatikan dimensi pragmatik dalam konteks pembelajaran bahasa asing secara fungsional.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Komunikatif, Pragmatik, Bahan Ajar Komunikatif
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Okt 2025 03:05
Perubahan Terakhir: 09 Okt 2025 03:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17634

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.