Eviyanti, Lia (2025) Evaluasi Program Leadership for Champions #3 di SDIT Insantama Serang dan SDIT Insantama Cilegon Tahun Ajaran 2024/2025. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
T_MPI_232625102_Cover.pdf Download (91kB) |
|
|
Teks
T_MPI_232625102_Lampiran Depan.pdf Download (668kB) |
|
|
Teks
T_MPI_232625102_Bab I.pdf Download (263kB) |
|
|
Teks
T_MPI_232625102_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (691kB) |
|
|
Teks
T_MPI_232625102_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (326kB) |
|
|
Teks
T_MPI_232625102_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (323kB) |
|
|
Teks
T_MPI_232625102_Bab V.pdf Download (99kB) |
|
|
Teks
T_MPI_232625102_Daftar Pustaka.pdf Download (248kB) |
Abstrak
Sejak pandemi COVID-19 berakhir pada tahun 2022, penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak anak, semakin meningkat. Hal ini membawa dampak negatif seperti menurunnya konsentrasi belajar, malas membaca dan menulis, kurangnya interaksi sosial, gangguan kesehatan, hingga melemahnya moral anak. Anak-anak cenderung lebih akrab dengan dunia digital daripada lingkungan sekitarnya. Melihat kondisi tersebut, SDIT Insantama Serang dan SDIT Insantama Cilegon menyelenggarakan Program Leadership for Champions #3, yaitu program pembinaan karakter dan kepemimpinan berbasis nilai keislaman, yang dirancang untuk membentuk jiwa pemimpin sejak dini. Untuk memastikan efektivitas program ini, diperlukan evaluasi menyeluruh dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas Program Leadership for Champions #3 di SDIT Insantama Serang dan SDIT Insantama Cilegon tahun ajaran 2024/2025. Evaluasi dilakukan menggunakan model Kirkpatrick yang mencakup empat level: Reaksi, Pembelajaran, Perilaku, dan Hasil. Metode yang digunakan adalah campuran (mix method), dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Evaluasi reaksi menunjukkan bahwa siswa merasa puas terhadap program. 2) Evaluasi belajar menunjukan bahwa adanya peningkatan keterampilan, pemahaman dan kepercayaan diri. 3) Evaluasi perilaku menunjukan bahwa perubahan perilaku siswa terlihat nyata setelah mengikuti program. 4) Evaluasi hasil menunjukan bahwa program ini berhasil membentuk kepribadian siswa untuk mengambil peran kepemimpinan. 5) Selama pelaksanaan program ada beberapa tantangan dan hambatan yang dihadapi, di antaranya keterbatasan koordinasi teknis dan kurang optimalnya pra-acara. Meski demikian, secara keseluruhan program dinilai efektif dalam membentuk kepemimpinan siswa serta memberikan kontribusi terhadap pendidikan karakter.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Evaluasi, program kepemimpinan, leadership for champions #3 |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
| Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 25 Sep 2025 08:27 |
| Perubahan Terakhir: | 25 Sep 2025 08:29 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17622 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
