Komarudin, Komarudin (2025) جهود للتغلب على مشكلات قراءة اللغة العربية بطريقة القراءة الجهرية. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PBA_212622005_Cover.pdf Download (107kB) |
|
|
Teks
T_PBA_212622005_Lampiran Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
Teks
T_PBA_212622005_BAB I.pdf Download (394kB) |
|
|
Teks
T_PBA_212622005_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (407kB) |
|
|
Teks
T_PBA_212622005_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (318kB) |
|
|
Teks
T_PBA_212622005_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (561kB) |
|
|
Teks
T_PBA_212622005_BAB V.pdf Download (147kB) |
|
|
Teks
T_PBA_212622005_Daftar Pustaka.pdf Download (245kB) |
Abstrak
Penguasaan literasi bahasa Arab di kalangan siswa masih memiliki tantangan yang sangat besar. Salah satu tujuan dalam pengajaran kemampuan literasi bagi para siswa adalah agar nantinya mampu menguasai dan paham ketika membaca kitab atau buku lainnya yang berbahasa Arab. Problematika literasi bahasa Arab ini tidak terlepas dari berbagai macam faktor. Salah satunya adalah latar belakang pendidikan siswa yang bermacam-macam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran literasi, problematika apa saja yang ditemukan, dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran literasi bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan Tes Pre-test dan Post-test. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis data Miles dan Huberman. Menggunakan tiga tahapan dalam melakukan analisis data kualitatif yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Upaya mengatasi problematika dalam pembelajaran literasi bahasa Arab melalui metode Qira’ah Jahriyah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan melafalkan teks bahasa Arab dengan benar. Metode Qira’ah Jahriyah, yang menekankan pada pembacaan dengan suara keras dan pelafalan yang jelas, dapat membantu siswa untuk lebih terbiasa dengan suara dan struktur bahasa Arab. Pendekatan ini juga meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap teks Arab karena mereka lebih fokus dalam mendengarkan dan mengucapkan setiap kata dengan tepat. Selain itu, metode ini mampu mengatasi kesulitan siswa dalam mempelajari fonologi bahasa Arab, yang sering menjadi hambatan dalam pembelajaran literasi. Dengan penggunaan metode ini, siswa juga merasa lebih percaya diri dalam berbicara dan membaca bahasa Arab, yang secara langsung berkontribusi pada peningkatan motivasi belajar mereka. Metode ini perlu diimbangi dengan pengajaran yang interaktif dan berbasis kontekstual untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami struktur kalimat, tata bahasa (nahwu dan shorof), serta kosakata bahasa Arab. Penerapan metode Qira’ah Jahriyah yang konsisten dapat membangun kebiasaan positif dalam berbahasa Arab, tetapi juga memerlukan dukungan dari teknologi dan sumber daya pembelajaran yang lebih variatif.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
| Divisi: | Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 24 Sep 2025 07:55 |
| Perubahan Terakhir: | 24 Sep 2025 07:55 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17607 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
