Itma'mul, Itma'mul (2025) Pengaruh E-Payment, Literasi Keuangan Syariah dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah di Provisni Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_211410011_COVER.pdf Download (142kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410011_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_ES_211410011_BAB I.pdf Download (216kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410011_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (269kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410011_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_ES_211410011_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (264kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410011_BAB V.pdf Download (157kB) |
|
|
Teks
S_ES_211410011_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstrak
Perkembangan teknologi digital dan sistem pembayaran elektronik (e- payment) telah memengaruhi pola konsumsi mahasiswa ekonomi syariah di Provinsi Banten. Data Badan Pusat Statistik Provinsi Banten (BPS Provinsi Banten) menunjukkan peningkatan pengeluaran untuk kebutuhan non-makanan, yang dipicu oleh kemudahan bertransaksi secara digital. Fenomena ini berpotensi menimbulkan perilaku konsumtif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah E-Payment, Literasi Keuangan Syariah dan Gaya Hidup berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah di Provinsi Banten. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh E-Payment, Literasi Keuangan Syariah dan Gaya Hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syariah di Provinsi Banten. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek pada mahasiswa ekonomi syariah di Provinsi Banten tahun angkatan 2021-2023. Sumber data yang digunakan dalam penelitian data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 99 responden. Jenis teknik sampel yang peneliti gunakan adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-payment dengan nilai t-hitung 6,466 > 1,660 dan nilai signifkansi 0,000 < 0,05 dan gaya hidup dengan nilai t- hitung 5,555 > 1,660 dan nilai signifkansi 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil peneliti literasi keuangan syariah dengan nilai t-hitung -3,950 > 1,660 dan nilai signifkansi sebesar 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai f-hitung sebesar 84,518 > 2,70 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif. Nilai adjusted R Square menunjukan bahwa e-payment, literasi keuangan syariah dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif sebesar 71,9%. Sementara itu, sisanya sebesar 28,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | E-Payment, Literasi Keuangan Syariah, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa Ekonomi Syariah |
| Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam |
| Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 23 Sep 2025 07:48 |
| Perubahan Terakhir: | 23 Sep 2025 07:48 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17593 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
