Alyamahira, Denisa (2025) Efektivitas Penerapan Manajemen Pembelajaran Kontekstual Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Dikelas XI (Studi Kasus di SMAN 2Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_211250037_COVER.pdf Download (198kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250037_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (846kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250037_BAB I.pdf Download (36kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250037_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (256kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250037_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (75kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250037_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (63kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250037_BAB V.pdf Download (15kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250037_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
Abstrak
Latar belakang ini adalah pendidikan di Indonesia saat ini semakin menuntut adanya pendekatan yang lebih relevan dan berorientasi pada kebutuhan siswa,salah satu metode yang diterapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran adalah pembelajaran kontektual (Contextual Teaching and Leaning) pembelajaran ini menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari- hari,serta menungkinkan merekan untuk mengaitkan pengetahuan yang diperoleh dengan pengalaman yang nyata.Namun fenomena yang muncul masih ada pula yang mengalami kendala dalam perencanaan RPP berbasis CTL pemilihan metode yang relevan,keterbatasan dalam media pembelajaran. Penelitian in bertujuan untuk mendefinisikan efektivitas penerapan manajemen pembelajaran kontektual dalam mengaitkan mutu pembelajaran dikelas XI SMAN 2 Kota Serang, mampu meningkatkan pemahan siswa .pembelajaran kontektual diyakini mampu menjawab kebutuhan tersebut melalui keterkaitannya dengan pegalaman nyata siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen pembelajaran kontekstual yang efektif melibatkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang interaktif, serta evaluasi yang berkesinambungan. Selain itu, keterlibatan guru, kesiapan siswa, serta dukungan sarana dan prasarana turut mendukung keberhasilan implementasi CTL. Secara keseluruhan, penerapan manajemen pembelajaran kontekstual di kelas XI terbukti siswa.namun demikian,ditemukan juga beberapa kendala seperti keterbatasan waktu,variasi kemampuan siswa,dan belum optimalnya pengguna media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah mengintegrasikan prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual, seperti pengaitan materi dengan kehidupan nyata, penggunaan pendekatan aktif, serta penyusunan RPP yang responsif terhadap kebutuhan siswa. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa guru mampu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, melibatkan siswa secara aktif, serta mendorong kolaborasi dan pemecahan masalah kontekstual dalam proses pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara berkelanjutan dan menyeluruh, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sehingga memberikan gambaran utuh terhadap perkembangan belajar siswa. Penerapan CTL juga mendorong peningkatan motivasi belajar, keterlibatan siswa dalam diskusi, serta pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pelajaran.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Efektivitas, Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual, Mutu Pembelajaran, SMAN 2 Kota Serang |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 16 Sep 2025 08:13 |
| Perubahan Terakhir: | 16 Sep 2025 08:13 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17563 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
