Zulva, Tantan Karimah (2025) Manajemen Strategik Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Santri Melalui Kegiatan Arabic and English Language Competition di Pondok Pesantren Miftahul Khaer Curug Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_211250017_COVER.pdf Download (175kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250017_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (785kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250017_BAB I.pdf Download (673kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250017_BAB II.pdf Download (697kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250017_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (386kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250017_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (828kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250017_BAB V.pdf Download (164kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250017_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk merndeskripsikan perencanaan, pelaksanaan yang diterapkan dalam pengelolaan manajmen strategik, masalah serta solusi yang dihadapi dalam pengelolaan manajemen strategik, dan hasil yang dicapai dari pengelolaan manajemen strategik di pondok pesantren Miftahul Khaer Curug Kabupaten Tangerang dalam meningkatkan kompetensi berbahasa santri melalui kegiatan AELCO. Dan manfaatnya adalah dapat dijadikan bahan literatur ilmiah dan menambah referensi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Miftahul Khaer Curug Kabupaten Tangerang. menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen strategik di Pondok Pesantren Miftahul Khaer Curug Kabupaten Tangerang berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kompetensi berbahasa santri melalui kegiatan AELCO. Perencanaan yang berlandaskan visi, misi, dan tujuan pondok, serta kolaborasi antara pimpinan, pengasuh, pengurus dan santri Pondok Pesantren Miftahul Khaer menjadi fondasi yang kuat. Pelaksanaan program kegiatan AELCO melibatkan semua pihak pondok pesantren yang terkait dan dijalankan melalui berbagai kegiatan rutin, yang dirancang untuk membiasakan penggunaan bahasa Arab dan Inggris di lingkungan pesantren. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti pembiasaan bahasa asing yang belum optimal, keterbatasan sumber daya, dan kurangnya motivasi santri. Strategi yang diterapkan, termasuk penerapan sistem bahasa yang terstruktur, pelatihan untuk pengurus dan Santri, dan program yang sesuai dengan minat santri, menunjukkan hasil positif. Simpulan dari penelitian ini adalah Manajemen strategik pondok pesantren merupakan pendekatan yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kompetensi berbahasa asing santri di pondok pesantren, dengan melibatkan serangkaian strategi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa santri, mendorong partisipasi aktif, dan membangun kerjasama tim di antara pengurus dan santri, begitupun dengan adanya kegiatan bahasa bukan hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai media pembelajaran yang menumbuhkan rasa percaya diri, kedisiplinan, dan semangat belajar bahasa di kalangan santri.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Manajemen Strategik, Pondok Pesantren, Kompetensi Berbahasa Santri |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 11 Sep 2025 04:54 |
| Perubahan Terakhir: | 11 Sep 2025 04:54 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17548 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
