Fauziah, Neneng (2025) Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Tangerang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
T_PAI_222621235_Cover.pdf Download (100kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621235_Lampiran Depan.pdf Download (812kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621235_Bab I.pdf Download (393kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621235_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621235_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (685kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621235_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (716kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621235_Bab V.pdf Download (96kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621235_Daftar Pustaka.pdf Download (253kB) |
Abstrak
Keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan sangat bergantung pada kesiapan guru, termasuk guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru PAI dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan implementasinya. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif di MTs Negeri 2 Tangerang dan MTs Yabika Jambe, Kabupaten Tangerang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan empat guru PAI sebagai subjek utama, serta kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, dan ketua yayasan sebagai informan kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di MTs Negeri 2 Tangerang, guru PAI secara kognitif, psikologis, dan finansial tergolong siap, didukung oleh anggaran DIPA, status ASN/PPPK, dan kebijakan pemerintah. Kendala utama meliputi beban kerja guru, keterbatasan waktu, dan sarana IT yang kurang memadai. Sementara itu, di MTs Yabika Jambe, kesiapan kognitif dan finansial guru dinilai cukup, sementara kesiapan psikologis tergolong siap, didukung oleh komitmen yayasan, akses internet, dan dukungan masyarakat. Faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu pembelajaran, kendala finansial, dan pemahaman konsep Kurikulum Merdeka yang belum optimal. Upaya yang dilakukan oleh kedua madrasah meliputi pelatihan Kurikulum Merdeka, pengembangan RPP berdiferensiasi dan P5RA, kolaborasi dengan kepala madrasah dan guru lainnya, pemanfaatan teknologi digital, serta pelibatan orang tua dan masyarakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan implementasi Kurikulum Merdeka demi mewujudkan tujuan kurikulum, yakni mencetak generasi berkarakter Pancasila dan Rahmatan lil ‘alamin.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Kesiapan guru PAI, pelaksanaan kurikulum merdeka |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
| Divisi: | Magister > PAI |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 11 Sep 2025 03:53 |
| Perubahan Terakhir: | 11 Sep 2025 03:53 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17543 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
