Yani, Fitri (2025) Aktivitas Bermain Assosiatif Dalam Meningkatkan Konsentrasi pada Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_211340022_COVER.pdf Download (198kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340022_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (802kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340022_BAB I.pdf Download (338kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340022_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (414kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340022_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (319kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340022_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (693kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340022_BAB V.pdf Download (168kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340022_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
Abstrak
Menjadi anak dengan memiliki gangguan atensi bukanlah suatu hal yang mudah untuk dijalani. Butuh dukungan, bimbingan dan perhatian yang lebih, serta media yang tepat untuk mengatasi semua hambatan atau kesulitan yang dihadapi terutama kesulitan dalam berkonsentrasi. Karena konsentrasi merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Oleh karena itu yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini karena rendahnya tingkat konsentrasi pada anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), hal ini dikarenakan media yang digunakan dalam pembelajaran atau aktivitas individu kurang menarik perhatian yang mengakibatkan anak kurang tertarik dan kurangnya rasa ingin tahu. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat konsentrasi pada anak ADHD yaitu dengan aktivitas bermain assosiatif. Penelitian ini dilakukan di SKH El-Myra Shanum Kota Serang, yang bertujuan untuk; (1) memahami strategi yang digunakan pendidik dalam memfasilitasi aktivitas bermain assosiatif untuk anak ADHD; (2) memahami aktivitas bermain assosiatif dalam meningkatkan konsentrasi anak ADHD dalam konteks sosial, dan (3) mengetahui hambatan dalam kegiatan aktivitas bermain assosiatif. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara dan dokumentasi menjadi teknik dalam pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga anak dengan gangguan ADHD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bermain assosiatif berhasil meningkatkan konsentrasi pada anak ADHD; (1) pembelajaran individual atau berdiferensiasi dan games model demonstrasi dapat menstimulus perkembangan anak, khususnya mampu meningkatkan konsentrasi pada anak ADHD; (2) aktivitas bermain assosiatif dapat memfasilitasi dan memberikan media yang konkrit dalam meningkatkan konsentrasi anak ADHD dalam konteks sosial; (3) hambatan dalam kegiatan aktivitas bermain assosiatif itu muncul dari perilaku anak itu sendiri sehingga anak cenderung kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Aktivitas Bermain Assosiatif, Konsentrasi, Anak ADHD |
| Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 10 Sep 2025 03:17 |
| Perubahan Terakhir: | 10 Sep 2025 03:17 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17525 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
