Umi, Putri Inayatul (2024) Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Impor (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_ES_191410002_Cover.pdf Download (215kB) |
|
|
Teks
S_ES_191410002_Lampiran Depan.pdf Download (825kB) |
|
|
Teks
S_ES_191410002_Bab I.pdf Download (774kB) |
|
|
Teks
S_ES_191410002_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (809kB) |
|
|
Teks
S_ES_191410002_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (587kB) |
|
|
Teks
S_ES_191410002_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (426kB) |
|
|
Teks
S_ES_191410002_Bab V.pdf Download (289kB) |
|
|
Teks
S_ES_191410002_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan karena tingginya tingkat keinginan khalayak terhadap produk mie instan yang menyebabkan semakin banyak persaingan antar produsen mie instan, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instan impor pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten? 2) Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instan impor pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten? 3) Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instan impor pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten? 4) Apakah label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara simultan? Tujuan Penelitian ini 1) Untuk mengetahui apakah label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instan impor pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2) Untuk mengetahui apakah kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instan impor pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 3) Untuk mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instan impor pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 4) Untuk mengetahui Apakah label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dimana data yang dihasilkan berbentuk angka. Adapun teknik pengumpulan sampel adalah menggunakan teknik sampel probability sampling berjumlah 64 sampel mahasiswa jurusan ekonomi syariah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan menggunakan program IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis label halal terhadap keputusan pembelian memperoleh nilai t-hitung 0,025 < t-tabel 1.99962, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,980 artinya tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara label halal terhadap keputusan pembelian. Hasil uji hipotesis kualitas produk terhadap keputusan pembelian memperoleh nilai t-hitung 4,262 > t-tabel 1.99962, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 artinya terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, hasil uji hipotesis harga terhadap keputusan pembelian memperoleh nilai t-hitung 0,863 < t-tabel 1.99962, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,392 artinya tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji F memperoleh nilai F-hitung 19,649 > F-tabel 3,15 dengan signifikansi sebesar 0,00 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara label halal, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembeli.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Label halal, kualitas produk, harga, keputusan pembelian |
| Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.9 Aspek fiqh lainnya > 2x4.91 Makanan dan minuman |
| Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 09 Sep 2025 03:08 |
| Perubahan Terakhir: | 09 Sep 2025 03:08 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17519 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
