Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Menegakkan Disiplin Siswa (Penelitian Di Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros)

Rustiani, Wulan (2025) Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Menegakkan Disiplin Siswa (Penelitian Di Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_MPI_211250003_COVER.pdf

Download (255kB)
[img] Teks
S_MPI_211250003_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (517kB)
[img] Teks
S_MPI_211250003_BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Teks
S_MPI_211250003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (399kB)
[img] Teks
S_MPI_211250003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (333kB)
[img] Teks
S_MPI_211250003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (335kB)
[img] Teks
S_MPI_211250003_BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Teks
S_MPI_211250003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen peserta didik dalam menegakkan disiplin siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros. Fokus penelitian terletak pada penerapan empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam membentuk kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung di lapangan. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, guru, guru bimbingan konseling, serta beberapa siswa yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan melalui evaluasi pelanggaran disiplin sebelumnya dan penyusunan tata tertib sekolah yang disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah. Pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas yang terstruktur mulai dari kepala sekolah serta melibatkan OSIS sebagai penggerak kedisiplinan. Pelaksanaan disiplin diwujudkan melalui kegiatan rutin, pembinaan karakter, pemberian sanksi edukatif, dan pembiasaan perilaku positif seperti tepat waktu dan berpakaian rapi. Pengawasan dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan melalui laporan wali kelas, guru BK, dan evaluasi kepala sekolah, termasuk kerja sama dengan orang tua siswa. Penegakan disiplin dilakukan secara konsisten dan humanis untuk menumbuhkan kesadaran siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi manajemen peserta didik secara sistematis dan menyeluruh berkontribusi besar dalam menciptakan suasana belajar yang tertib, mendukung keberhasilan pembelajaran, dan membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi lembaga pendidikan dalam menerapkan strategi manajemen peserta didik yang efektif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Disiplin siswa; Madrasah aliyah; Manajemen peserta didik; Penegakan aturan; POAC
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2025 07:48
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2025 07:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17503

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.