Nurmaki, Ahmad Haji (2020) Implementasi Metode Hikmah, Mau’idzhah, dan Mujadalah menurut Tafsir Ibnu Katsir dalam Pembelajaran PAI (Penelitian SMA di Pondok Pesantren La Tansa Lebak). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
T_PAI_1540100353_Cover.pdf Download (157kB) |
|
|
Teks
T_PAI_1540100353_Lampiran Depan.pdf Download (758kB) |
|
|
Teks
T_PAI_1540100353_Bab I.pdf Download (540kB) |
|
|
Teks
T_PAI_1540100353_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (672kB) |
|
|
Teks
T_PAI_1540100353_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
T_PAI_1540100353_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (832kB) |
|
|
Teks
T_PAI_1540100353_Bab V.pdf Download (137kB) |
|
|
Teks
T_PAI_1540100353_Daftar Pustaka.pdf Download (82kB) |
Abstrak
Manusia adalah makhluk yang dapat dididik. Pendidikan manusia dalam pendidikan Islam mulai disiapkan sejak mencari pasangan hidup dan pendidikan manusia dalam pendidikan islam dimulai dari dalam kandungan hingga akhir hayat. Setiap makhluk yang dapat dididik yang masih memiliki kesadaran di dalam pikiran dan hatinya atau mentalnya wajib diajak dan diingatkan atau didik dan diajar untuk bertakwa kepada Allah SWT yaitu melaksanakan perintah dan larangan-Nya.Rumusan Penelitian ini ialah, Bagaimana pendapat para guru tentang Metode Hikmah, Mau’idzhah, dan Mujadalah, dalam Surat An-Nahl ayat 125, di Pondok Pesantren La Tansa. Bagaimana pendapat para santri tentang Metode Hikmah, Mau’idzhah, dan Mujadalah dalam Surat An-Nahl ayat 125, di Pondok Pesantren La Tansa, Bagaimana Implementasi Metode Hikmah, Mau’idzhah,dan Mujadalah, dalam Surat An-Nahl ayat 125, dalam proses pendidikan dan pembelajaran di Pondok Pesantren La Tansa?Dari rumusan masalah di atas, ,maka tujuan penelitian sebagai berikut, Untuk mengetahui pendapat para guru tentang Metode Hikmah, Mau’idzhah, dan Mujadalah dalam Surat An-Nahl ayat 125, di Pondok Pesantren La Tansa. Untuk mengetahui pendapat para santri tentang Metode Hikmah, Mau’idzhah, dan Mujadalah dalam Surat An-Nahl ayat 125, di Pondok Pesantren La Tansa. Untuk mengetahui Implementasi Metode Hikmah, Mau’idzhah,dan Mujadalah,dalam surat An-Nahl ayat 125, dalam proses pendidikan dan pembelajaran di Pondok Pesantren La Tansa.Kesimpulan penelitian ini yatu: Menerut para ustadz bahwa metode hikmah merupakan metode yang ada di dalam al-Qur‟an dan Rasullah menggunakannya dalam berdakwah, metode ini digunakan oleh sahabat sahabat rasullah dan para ulama dalam berdakwah menyebar ajaran Islam ke seluruh dunia.Menurut para santri bahwa metode Mujadalah adalah berdiskusi atau berdebat untuk mencari solusi yang terbaik dengan argument yang kuat, sumber referensi yang lengkap, dan fakta-faktu yang mendukung agar dapat diterima dengan baik Metode Mujadalah untuk melatih mengembangkan argument dan cara berpikir dalam pengajaran dan pendidikan dengan mengutamakan akhlak yang baik dan metode mujadalah adalah metode perdebatan yang digunakan untuk melatih berbicara dan meyakinkan orang banyak secara ilmi Metode hikmah adalah metode dengan cara pendekatan kasih sayang, sopan santun dan bijaksana disertai dengan kebaikan dan kebenaran tanpa ada paksaan dan kekerasan. Setiap ustadz yang mengajar di kelas 3 SMA Latansa menggunakan metode hikmah, mauizdah, dan mujadalah karena metode metode tersebut merupakan metode yang ada di dalam Al-Qur‟an dan metode yang digunakan oleh Rasullah, sahabat, ulama dan ustadz dalam melaksanakan dakwah Islam.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Metode hikmah, mau'idzhah, mujadalah, pembelajaran PAI |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
| Divisi: | Magister > PAI |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 28 Aug 2025 07:09 |
| Perubahan Terakhir: | 28 Aug 2025 07:09 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17457 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
