Holipah, Muhammad (2025) Upaya Peningkatan Kapasitas Pemuda melalui Edukasi Ekowisata Gunung Dago di Desa Dago Kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PMI_191530049_Cover.pdf Download (115kB) |
|
|
Teks
S_PMI_191530049_Lampiran Depan.pdf Download (501kB) |
|
|
Teks
S_PMI_191530049_BAB I.pdf Download (280kB) |
|
|
Teks
S_PMI_191530049_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (197kB) |
|
|
Teks
S_PMI_191530049_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (271kB) |
|
|
Teks
S_PMI_191530049_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (758kB) |
|
|
Teks
S_PMI_191530049_BAB V.pdf Download (54kB) |
|
|
Teks
S_PMI_191530049_Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) |
Abstrak
Pariwisata berbasis ekologi atau ekowisata telah menjadi salah satu strategi pembangunan berkelanjutan yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi alam, meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, serta melestarikan lingkungan. Penelitian ini berfokus pada upaya peningkatan kapasitas pemuda melalui edukasi ekowisata di Gunung Dago, Desa Dago, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Sebagai kelompok usia produktif, pemuda memiliki peran strategis dalam pengembangan ekowisata, baik dalam aspek konservasi lingkungan, pengelolaan destinasi, maupun pemberdayaan ekonomi berbasis wisata. Desa Dago yang terletak di Kecamatan Paraung Panjang, Kabupaten Bogor, memiliki potensi alam yang kaya, salah satunya adalah Kawasan Gunung Dago yang berkembang menjadi desatinasi ekowisata. Namun, potensi ini belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat lokal, khususnya kalangan pemuda. Kurangnya pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran lingkungan menjadi tangtangan utama dalam mengembangkan ekowisata yang berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kapasitas pemuda melalui pendekatan edukasi ekowisata Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis edukasi ekowisata dapat meningkatkan kapasitas pemuda, strategi yang diterapkan dalam edukasi ekowisata, serta dampak yang dihasilkan bagi pemuda dan masyarakat setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan pemuda, pengelola wisata, dan tokoh masyarakat, observasi langsung di lokasi penelitian, serta analisis dokumentasi terkait pengelolaan ekowisata Gunung Dago. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi ekowisata memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitas pemuda dalam beberapa aspek utama. Pertama, dalam aspek pengetahuan, pemuda memperoleh wawasan mengenai prinsip-prinsip ekowisata, konservasi lingkungan, serta pengelolaan wisata berbasis komunitas. Kedua, dalam aspek keterampilan, pemuda dibekali dengan pelatihan sebagai pemandu wisata, pengelolaan homestay, pemasaran digital, serta produksi dan pemasaran produk lokal seperti kerajinan tangan dan kuliner khas. Ketiga, dalam aspek kesadaran lingkungan, edukasi ekowisata membentuk sikap pro-lingkungan di kalangan pemuda, terlihat dari keterlibatan mereka dalam program penghijauan, pengelolaan sampah, serta kampanye lingkungan kepada wisatawan.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Edukasi Ekowisata, Peningkatan Kapasitas Pemuda, Gunung Dago, Pariwisata Berkelanjutan, Pemberdayaan Masyarakat, Konservasi Lingkungan |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 307 Komunitas > 307.12 Sosiologi Kemasyarakatan |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 28 Aug 2025 03:18 |
| Perubahan Terakhir: | 28 Aug 2025 03:18 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17445 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
