Firdaus, Firdaus (2020) تطوير الوسيلة التعليمية كتاب اللغز في تعلّم المفردات (بحث تطويري في الصف الثامن بمدرسة فهم القرآن المتوسطة الإسلامية سيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_152201067_Cover.pdf Download (322kB) |
|
|
Teks
S_PBA_152201067_Lampiran Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
Teks
S_PBA_152201067_BAB I.pdf Download (434kB) |
|
|
Teks
S_PBA_152201067_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (600kB) |
|
|
Teks
S_PBA_152201067_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (436kB) |
|
|
Teks
S_PBA_152201067_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (536kB) |
|
|
Teks
S_PBA_152201067_BAB V.pdf Download (375kB) |
|
|
Teks
S_PBA_152201067_Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
Abstrak
Dari penjelasan sebelumnya, kita mengetahui bahwa salah satu masalah yang dihadapi siswa dalam mempelajari bahasa Arab adalah kurangnya penguasaan kosakata. Hal ini serupa dengan masalah yang dihadapi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTS) Fahmil Quran Serang. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada tanggal 11-14 November 2019, diketahui bahwa 27 dari 21 siswa tidak mengetahui kosakata saat guru menjelaskan dan bertanya. Akibatnya siswa tidak memahami materi yang disampaikan dan prestasi belajar dikelas menurun. Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari kosakata, guru dapat menggunakan metode mengajar yang tepat dan menarik. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran profesi dalam pembelajaran kosakata di kelas VIII MTS Fahmil Quran Serang. 2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran pada mata pelajaran profesi dalam pembelajaran kosakata di kelas VIII MTS Fahmil Quran Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, yang juga dikenal sebagai (Reseach and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Gall & Borg: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Pengembangan produk, 3) Uji validasi, 4) Tinjauan/perbaikan produk, 5) Pengujian produk. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara personal, dan pengujian. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ketersediaan alat bantu ajar "buku teka-teki" untuk meningkatkan konsep kosakata, 2) Nilai rata-rata hasil pra-tes adalah 63% dan hasil pasca-tes adalah 86%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu ajar "buku teka-teki" dapat meningkatkan konsep kosakata sebesar 86%.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 25 Aug 2025 03:17 |
| Perubahan Terakhir: | 25 Aug 2025 03:17 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17410 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
