Daniyah, Dede Nur Ufi (2025) تصور معلمي اللغة العربية في تطبيق المنهج المستقل بنتن بحث مقدم إلى قسم تعليم اللغة العربية كلية التربية و التدريس لتكملة الشروط للحصول على الدرجة الجامعية الأولى في التربية. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_211220025_Cover.pdf Download (309kB) |
|
|
Teks
S_PBA_211220025_Lampiran Depan.pdf Download (750kB) |
|
|
Teks
S_PBA_211220025_BAB I.pdf Download (492kB) |
|
|
Teks
S_PBA_211220025_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (760kB) |
|
|
Teks
S_PBA_211220025_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (553kB) |
|
|
Teks
S_PBA_211220025_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (841kB) |
|
|
Teks
S_PBA_211220025_BAB V.pdf Download (300kB) |
|
|
Teks
S_PBA_211220025_Daftar Pustaka.pdf Download (425kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi guru Bahasa Arab terhadap implementasi Kurikulum Merdeka dalam pengajaran Bahasa Arab di Banten. Fokus utama penelitian terletak pada tiga indikator utama, yaitu pemahaman, penerimaan, dan penilaian guru terhadap kurikulum, serta faktor-faktor yang memengaruhi dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket terbuka, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru secara umum bersifat positif dan adaptif. Meskipun terdapat variasi dalam tingkat pemahaman dan kesiapan, mayoritas guru mengapresiasi fleksibilitas dan relevansi Kurikulum Merdeka, terutama dalam memberikan ruang kreativitas dan pengajaran yang kontekstual. Faktor-faktor seperti pengalaman pelatihan, inisiatif mandiri, dukungan kepala madrasah, dan ketersediaan fasilitas turut membentuk persepsi guru. Namun demikian, guru juga menghadapi sejumlah kendala, seperti keterbatasan waktu pelajaran, perbedaan latar belakang siswa, rendahnya motivasi belajar, dan kurangnya pelatihan yang spesifik untuk mata pelajaran Bahasa Arab. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menerapkan strategi pengajaran yang kreatif dan memperkuat kolaborasi antar sesama guru. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pemangku kebijakan, lembaga pendidikan, dan guru dalam mengembangkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang lebih efektif dan kontekstual, khususnya dalam pengajaran Bahasa Arab.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Persepsi guru, Kurikulum Merdeka, pengajaran Bahasa Arab. |
| Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 20 Aug 2025 08:11 |
| Perubahan Terakhir: | 20 Aug 2025 08:12 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17384 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
