Putri, Putri (2025) Strategi Komunikasi Fundraising LAZ Yakesma (Yayasan Kesejahteraan Madani) Cabang Banten Dalam Menarik Muzakki. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_211330067_COVER.pdf Download (283kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330067_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (826kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330067_BAB I.pdf Download (384kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330067_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (554kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330067_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (275kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330067_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (736kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330067_BAB V.pdf Download (149kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330067_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
Abstrak
Terdapat banyaknya Lembaga Amil Zakat di Kota Serang salah satunya LAZ Yakesma Banten. Tantangan yang ada pada saat ini banyak lembaga yang kurang terkoordinirnya suatu program yang membuat muzakki dan stakeholder tidak memberikan bagian profesi zakatnya. Dalam hal tersebut perlu penggalangan dana (fundraising) yang signifikan. Penggalangan dana zakat ini merupakan bagian utama dalam suatu lembaga pengelolaan zakat, infaq dan sedekah. Terdapat 734 seorang guru dan da’i pelosok di Banten belum sejahtera, akibat gajih belum memadai terlebih pada saat mereka merasa tidak cukup dan mendapatkan bencana ketika menjalankan tugas. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini:1) Bagaimana strategi komunikasi fundraising Laz Yakesma Cabang Banten dalam menarik muzakki.2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi fundraising LAZ Yakesma Cabang Banten dalam menarik muzakki. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode analisis deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Temuan peneliti, terdapat strategi komunikasi fundraising ini dengan menggunakan teori komunikasi Phillip Lesly dan model komunikasi SMCR David-K. Berlo yaitu terdapat perencanaan, yaitu menetapkan komunikator, menentukan khalayak atau calon muzakki, membuat rencana program dan menggunakan media komunikasi, adapun faktor pendukungnya adalah terdapat pemahaman dan kesadaran calon muzakki dan terdapat media yang efektif yaitu media crowdfunding teman berbagi, sedangkan faktor penghambatnya adalah terdapat dua komponen yaitu faktor internal dan eksternal.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Strategi komunikasi, Fundraising, LAZ, dan Muzakki |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 19 Aug 2025 07:41 |
| Perubahan Terakhir: | 19 Aug 2025 07:41 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17373 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
