Ma'rifah, Miftahul (2025) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN I Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_MPI_211250035_Cover.pdf Download (251kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250035_Lampiran Depan.pdf Download (824kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250035_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (379kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250035_Bab I.pdf Download (245kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250035_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (237kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250035_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (324kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250035_Bab V.pdf Download (94kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250035_Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
Abstrak
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa yang berfokus pada perencanaan Manajemen Berbasis Sekolah, Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah, faktor pendukung dan penghambat Manajemen Berbasis Sekolah, dan cara mengatasi hambatan dalam implementasi manajemen berbasis sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bagian kurikulum, wakil kepala madrasah bagian kesiswaan , dan guru. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah ditemukan adalah sebagai berikut: 1) Kondisi manajemen berbasis sekolah sudah berjalan dan sesuai dengan ketentuan yang ada. 2) Prestasi belajar siswa di MAN 1 Pandeglang sudah cukup membanggakan baik prestasi akademik maupun non akademik 3) Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu siswa memiiki semangat belajar yang tinggi, keikhlasan guru dalam membimbing, dukungan penuh dari orang tua, inovasi dalam metode pembelajaran, serta penilaian kinerja guru yang rutin. Adapun faktor penghambatnya yaitu keterbatasan anggaran yang tidak mencukupi untuk semua kebutuhan operasional dan pengembangan minat bakat siswa, kurangnya penguasaan IT dan metodologi mengajar oleh sebagian guru, kurangnya kedisiplinan siswa, serta keterbatasan sarana dan prasarana dan penghambat implementasi manajemen berbasis sekolah. Dari pernyataan tersebut, disimpulkan bahwa Implementasi Manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Pandeglang berjalan dengan baik.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Manajemen berbasis sekolah, prestasi belajar siswa |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 11 Aug 2025 02:59 |
| Perubahan Terakhir: | 11 Aug 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17293 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
