Nuroh, Nuroh (2025) الوسائل التفاعلية في تعليم اللغة العربية: تطوير مصادر التعلم الذاتي القائمة على الرقمية. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PBA_232622105_Cover.pdf Download (119kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622105_Lampiran Depan.pdf Download (983kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622105_BAB I.pdf Download (461kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622105_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (474kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622105_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (536kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622105_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (3MB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622105_BAB V.pdf Download (203kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622105_Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) |
Abstrak
Berbagai aplikasi atau platform pembelajaran bahasa Arab berbasis digital, namun kualitas serta ketersediaannya masih terbatas. Media pembelajaran interaktif bahasa Arab yang ada belum dirancang secara optimal untuk mendukung pembelajaran mandiri. Untuk mengatasi dampak tersebut, diperlukan pengembangan sumber belajar mandiri berbasis digital yang interaktif dan adaptif terhadap kebutuhan siswa di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media interaktif berbasis digital serta mengetahui kualitas media, dan keefektivitasan media interaktif berbasis digital dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab secara mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam penelitian ini, model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Media pembelajaran menggunakan Nearpod yang dilengkapi fitur interaktif seperti latihan istima’, kuis dengan umpan balik otomatis, animasi tata bahasa, dan gamifikasi. Pengembangan konten dilakukan dengan menyusun materi istima’, mufrodat, dan quiz interaktif melalui fitur-fitur unggulan Nearpod. Berdasarkan hasil penilaian terhadap 12 indikator dalam aspek pembelajaran dan isi materi, diperoleh skor total 58 dari skor maksimum 60, diperoleh persentase sebesar 96,67%. Sementara, berdasarkan hasil penilaian ahli media pembelajaran Nearpod, diperoleh total skor sebesar 57 dari skor maksimum 60, menghasilkan persentase sebesar 95%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Nearpod berada dalam kategori "Sangat Baik", sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan hanya memerlukan sedikit perbaikan. Rata-rata skor post-test meningkat 3,81 poin dibandingkan pre test, namun uji paired sample t-test menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan (t hitung < t tabel). Meskipun demikian, persentase ketuntasan belajar mencapai 61,90%, yang tergolong dalam kategori “cukup efektif”. Oleh karena itu, perbaikan berkelanjutan dari sisi konten, pelatihan pengguna, serta integrasi strategi pembelajaran mandiri tetap diperlukan agar media dapat mencapai efektivitas maksimal dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab secara mandiri.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media, Berbasis Digital, Sumber Belajar, Mandiri |
| Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
| Divisi: | Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 31 Jul 2025 03:12 |
| Perubahan Terakhir: | 31 Jul 2025 04:00 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17231 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
