Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang

Heriansyah, Devi Anggara (2025) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_222621104_COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Teks
T_PAI_222621104_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (527kB)
[img] Teks
T_PAI_222621104_BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Teks
T_PAI_222621104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (424kB)
[img] Teks
T_PAI_222621104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
T_PAI_222621104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (443kB)
[img] Teks
T_PAI_222621104_BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Teks
T_PAI_222621104_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstrak

Hasil belajar merupakan indikator di dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran di madrasah. Faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar diantaranya kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar. Guru yang memiliki kompetensi pedagogik yang baik akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun ketersediaan fasilitas belajar yang memadai akan berpengaruh terhadap hasil belajar. Fakta menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik belum sepenuhnya optimal. Terdapat beberapa indicator di dalam kompetensi pedagogik yang belum dikuasai oleh guru dan ketersedian fasilitas belajar di madrasah yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Pabuaran. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII dari 7 Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Pabuaran yang berjumlah 480 peserta didik, dengan teknik proportional random sampling didapat sampel sebanyak 218 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini meliputi uji regresi berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru akidah akhlak masuk dalam kategori sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan total nilai rata-rata sebesar 3,50; (2) Pemanfaatan fasilitas belajar masuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan total nilai rata-rata sebesar 3,28; (3) Hasil belajar peserta didik masuk dalam ketegori sangat memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan 41,3% responden mendapatkan nilai 80 – 100; (4) Kompetensi pedagogik guru akidah akhlak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Pabuaran, karena nilai thitung sebesar 4,150 > ttabel 1,971 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (5) Pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Pabuaran, karena nilai thitung sebesar 6,982 > ttabel 1,971 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (6) Kompetensi pedagogik guru akidah akhlak dan pemanfaatan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Pabuaran. Hal ini didasarkan pada nilai Fhitung sebesar 180,589 > Ftabel 3,04 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kompetensi Pedagogik, Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Hasil Belajar.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister > PAI
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 30 Jul 2025 07:20
Perubahan Terakhir: 30 Jul 2025 07:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17229

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.