Wahyudin, Muhamad Fahmi Idris (2025) Strategi Komunikasi Organisasi Santri Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan (Studi di Pondok Pesantren Al-Mustajib Madarijul ‘Ulum, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_181510130_COVER.pdf Download (82kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510130_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510130_BAB I.pdf Download (222kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510130_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (293kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510130_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (198kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510130_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (459kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510130_BAB V.pdf Download (194kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510130_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
Abstrak
Pondok pesantren memegang peran strategis dalam membentuk karakter kepemimpinan berlandaskan moral. Organisasi santri di dalamnya berfungsi sebagai wadah dan laboratorium praktis untuk menempa jiwa kepemimpinan tersebut. Efektivitas proses ini sangat dipengaruhi oleh strategi komunikasi yang dijalankan organisasi santri, karena komunikasi membentuk iklim interaksi, koordinasi, dan transmisi nilai. Penelitian ini mengkaji secara mendalam bagaimana strategi komunikasi organisasi santri di PP. Al-Mustajib Madarijul ‘Ulum diterapkan serta dampaknya terhadap pembentukan karakter kepemimpinan santri. Tujuan dari penelitian ini adalah menyajikan deskripsi mengenai strategi komunikasi yang diterapkan, serta melakukan identifikasi mendalam terhadap faktor- faktor pendukung esensial maupun penghambat signifikan yang memengaruhi keberhasilan implementasinya di lapangan secara aktual. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus yang memungkinkan eksplorasi mendalam. Proses pengumpulan data akan melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipan secara langsung, dan analisis terhadap berbagai dokumen terkait, yang kemudian seluruhnya akan dianalisis secara cermat menggunakan model interaktif yang mencakup tahapan reduksi data, penyajian temuan, dan proses verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan organisasi santri menerapkan strategi komunikasi multi-aspek yang terintegrasi dengan budaya pesantren. Ini mencakup komunikasi formal terstruktur (rapat rutin, musyawarah), pemanfaatan media internal (mading, pengumuman, grup WhatsApp), program kaderisasi terencana dan penugasan spesifik (seperti Muhadharah/latihan pidato), penekanan kuat pada keteladanan (uswah hasanah) sebagai cerminan nilai pesantren, pendekatan komunikasi personal, serta penggunaan media sosial untuk dakwah dan publikasi. Implementasi strategi ini didukung terutama oleh legitimasi dan arahan dari pimpinan pesantren serta kekompakan tim pengurus. Namun, terdapat pula hambatan signifikan meliputi keterbatasan sumber daya esensial (waktu, dana), variasi partisipasi dan motivasi anggota, hambatan psikologis internal santri (rasa malu, takut salah, menghindar tugas), tantangan komunikasi digital (miskomunikasi, overload informasi), serta potensi konflik prioritas dengan kewajiban utama mengaji dan menjaga etika komunikasi. Efektivitas pembentukan karakter kepemimpinan melalui organisasi santri sangat bergantung pada pengelolaan strategis dinamika komunikasi ini dalam konteks unik pesantren.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Strategi Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Organisasi Santri, Karakter Kepemimpinan, Pondok Pesantren. |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 30 Jul 2025 04:45 |
| Perubahan Terakhir: | 07 Aug 2025 04:29 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17227 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
